• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Kiprah IDI, Pemkab SBT Respon Positif Seminar Kesehatan

17 November
23:38 2019
1 Votes (5)

KBRN,Bula: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) merespon positif seminar kesehatan yang diinisiasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) SBT. Seminar bertajuk “Meningkatkan Wawasan Petugas Kesehatan dan Masyarakat" dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Syarif Makmur di Aula Hotel Mutiara Bula, Minggu (17/11/2019).

“Pemkab SBT mengapresiasi seminar ini karena bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Ini sangat membantu pemda dan kami berharap ada terobosan-terobosan baru yang dilakukan oleh IDI untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di daerah, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu,” kata sekda kepada RRI, usai membuka seminar.

Apresiasi yang sama disampaikan Wakil Pimpinan DPRD SBT Ahmad Voth. Namun Voth menginginkan seminar seperti ini harus lebih banyak diakses oleh publik karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan. Ia menyarankan ke depan, IDI SBT melakukan seminar atau sosialisasi kesehatan di kecamatan-kecamatan agar dapat diakses oleh masyarakat pesisir.

“Secara pribadi dan sebagai wakil pimpinan dewan, saya mengapresiasi seminar kesehatan ini. Saya ingin seminar seperti ini dilakukan juga di kecamatan-kecamatan, bila perlu di kampung-kampung, agar dapat diakses secara luas oleh masyarakat,” tegas Voth.

Ditanya soal komitmen pemda terhadap pembangunan kesehatan di daerah, Voth mengakui masih sangat rendah, dan itu terukur dari kebijakan anggaran yang belum menjawab kebutuhan pembangunan kesehatan serta pemenuhan hak-hak tenaga medis, terutama para dokter.

“Kalau bicara komitmen pemda, pastinya masih kurang sama sekali. Ini soal janji, komitmen itu soal janji. Saya rasa masih rendah, dibuktikan dengan kesiapan budget yang masih rendah, belum terpenuhinya hak-hak dokter, dan lain-lain. Selaku coordinator Komisi C, insha Allah saya akan proteksi budget 10 persen untuk kesehatan dengan catatan diprioritaskan untuk hal-hal urgen,” tegas Voth.

Seminar kesehatan yang dihadiri perawat, bidan, dokter, ibu-ibu bhayangkari, persit dan majelis-majelis pengajian, berlangsung selama satu hari dengan menghadirkan pemateri dr Adityansyah irendra, Sp.PD, dr Jufri Sp.B, dr Muhammad Adib Mahara M.Ked (Ped). Sp.A dan dr Donny Sutrisno Winardo Sp.OG. Seminar yang digagas Ketua IDI SBT dr Maliando Saputera Harahap, dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Uang Tahun IDI yang ke- 69. (AL)

  • Tentang Penulis

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

  • Tentang Editor

    Abdullah Leurima

    Reporter RRI Bula peraih Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (best of the best) dari Menteri Pariwisata RI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00