• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemerintah

Penurunan Stunting Butuh Komitmen Seluruh Lintas Sektor

11 November
17:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil:   Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil menekankan bahwa penurunan Stunting Membutuhkan Komitmen Seluruh Lintas Sektor di Aceh Singkil.  Hal ini sangat penting untuk mendukung Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting, dan secara khusus dalam mendukung Program Pemerintah Daerah Aceh Singkil, yaitu mewujudkan masyarakat cerdas, sehat, dan sejahtera.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, H. Edy Widodo, SKM, M.Kes, kepada RRI, penanggulangan Stunting ada intervensi spesifik dan sensitif.  Untuk intervensi spesifik murni dilakukan oleh Dinas Kesehatan.  Sedangkan intervensi sensitif harus dilakukan oleh seluruh sektor terkait. 

“Seperti penanggulangan air bersih oleh PDAM, sanitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup, masalah KB oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, BPJS, pengasuhan orangtua, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan edukasi Kesehatan Ibu dan Anak,” kata Edy.

Karena itu Edy mengharapkan kerjasama seluruh sektor terkait.

Edy Widodo mengatakan keterlibatan sektor terkait dapat diwujudkan dalam program-program Dinas atau Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang berkaitan dengan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting. Edy juga mengharapkan komitmen Aparat Desa, agar ikut berpartisipasi dalam menuntaskan Stunting yang dituangkan dalam program desa.

“Di desa, kader juga harus berperan aktif, dalam mensosialisasikan tentang stunting ini,” kata Edy.

Lebih lanjut Edy Widodo mengatakan Pencegahan Stunting sangat penting, karena itu  sebagai langkah awal, Pemerintah Daerah sudah mulai membuat Regulasi yaitu Peraturan Bupati tentang Pencegahan Stunting.  Dengan adanya Regulasi, maka upaya yang dilakukan akan lebih terkoordinir dan terarah, dan dapat dilakukan semua lintas sektor.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00