• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ragam

Begini Penampakan Banjir Bandang yang Menerjang Aceh Tengah

15 November
14:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Banjir Bandang menerjang Desa Linung Ayu, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh pada Kamis (14/11/2019) siang. Banjir bandang yang diakibatkan karena intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah itu membawa material tanah dan kayu-kayu gelondongan. 

Terlihat, perkampungan yang berada di kaki bukit dipenuhi kayu gelondongan dan material tanah dan pasir. 

Tim BPBD Aceh Tengah dan pihak terkait saat ini telah turun ke lokasi banjir bandang untuk mengevakuasi material yang terbawa arus banjir. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan, berdasarkan laporan yang di-update pada Jumat (15/11/2019) pagi, banjir bandang ini sudah surut. Kata Dia, banjir hanya bersifat sementara karena air turun dari atas pegunungan. 

Dalam penanggulangan bencana banjir bandang ini, sebut Sunawardi, satu unit alat berat dikerahkan ke lokasi banjir untuk membersihkan material kayu-kayu dan pasir. 

"BPBD Aceh Tengah dan petugas piket terjun ke lapangan dan menurunkan satu unit Alat berat Wheel Excavator untuk membersihkan material kayu dan pasir. Kondisi saat ini material yang terbawa arus banjir sudah selesai dibersihkan," kata Sunawardi di Banda Aceh, Jumat. 

Sunawardi menjelaskan, banjir bandang ini disebabkan karena hujan yang mengguyur wilayah Aceh Tengah dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir. 

"Telah terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir serta membawa material pasir dan kayu sehingga tersumbatnya saluran box kulvert hingga mengakibatkan air meluap ke badan jalan," ungkapnya. 

Dalam peristiwa bencana banjir bandang ini, tidak ada korban jiwa. Petugas juga melaporkan warga tidak ada yang mengungsi. Sementara untuk dampak kerusakan masih dalam pendataan. 

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan karena saat ini Aceh masih dalam musim penghujan sehingga berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor. Musim penghujan ini diprediksi akan berlangsung hingga Januari 2020 mendatang," imbau Sunawardi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00