• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Banyaknya Aspirasi Lintas Kewenangan, Sesama Pemda di Bengkulu Diminta Bersinergi

14 February
19:08 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Lantaran banyaknya aspirasi yang diterima Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dalam reses masa sidang pertama tahun 2020 ini, sesama Pemerintah Daerah (Pemda) baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota, agar bersinergi.

Mengingat dengan bersinergi diyakini akan bisa menjawab kebutuhan masyarakat.  

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Provinsi Bengkuludari daerah pemilihan (dapil) Kota Bengkulu, Suimi Fales, SH, MH, disela-sela reses di Kelurahan Bumi Ayu Kota Bengkulu, kepada sejumlah wartawan.

Dikatakan, dalam menjawab aspirasi masyarakat yang telah diterimanya, agar

Sesama Pemda tidak terkesan mengkotakan diri, lantaran dibatasi sebuah kewenangan. Pasalnya hal itu akan malah membuat masyarakat merasatidak dipedulikan.

Misalnya, akibat lajunya pertumbuhan penduduk, masyarakat meminta pembangunan Sekolah Dasar (SD) ataupun Sekolah Menengah Pertama (SMP)yang baru.

"Kalau dari segi kewenangan, itu ranahnya Pemerintah Kabupaten/Kota. Tapi dalam hal ini Pemda tingkat Provinsi tetap bisa memberikan intervensi, diantaranya membantu anggaran melalui mekanisme hibah," kata Suimi Fales, Jumat, (14/2/2020).

Selain pria yang akrab disapa Wan Suiini juga mengingatkan, jangan karena sebuah kewenangan, akhirnya Pemprov malah lepas tangan. Begitu juga sebaliknya, pada saat itu menjadi kewenangan Pemprov, Pemerintah Kabupaten/Kota yang terkesan tak peduli.

Artinya jika kondisi demikian terjadi, dapat dipastikan pada akhirnya masyarakat yang menjadi korban.

Pemerintah itu memiliki kewajiban memberikan pelayanan, dan sekedar moto saja. Contoh saja dalam reses ini kebanyakan aspirasi yang diterima adalah kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Jadi sangat diperlukan koordinasi secara bersama-sama dan kita dari legislatif akan mengawalnya agar bisa direalisasikan nantinya,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan politisi PKB ini, dari hasil resesnya di 5 titik termasuk di Kelurahan Bumi Ayu, mayoritas masyarakat mengaspirasikan soal lanjutan pembangunan jalan lingkungan, penerangan lampu jalan, tidak ada zonasi dalam penerimaan peserta didik baru.

Kemudian masalah dana pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Lalu pendampingan hukum kasus dalam keluarga, serta lain-lainnya.

“Selaku anggota DPRD Provinsi Bengkulu terkait masalahitu, bakal berupaya menemukan sebuah solusi agar Pemda tingkat Provinsi dengan Kabupaten/Kota bisa bersinergi dalam menjawab kepentingan masyarakat. Sehingga nantinya apa yang diharapkan masyarakat bisa terwujud," tutup Suimi Fales.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00