• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemudik Mulai Padati PLBN Entikong

19 June
20:50 2017
0 Votes (0)

KBRN, entikong: Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat mulai diramaikan oleh pemudik yang sebagian besar warga Indonesia yang bekerja di Malaysia. Tercatat di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Entikong, sejak Jumat (16/6/2017) lalu, jalur kedatangan PLBN dilintasi sedikitnya seribu dua ratus pemudik perhari.

“Jumlah pemudik tahun sudah mulai tampak di PLBN Entikong. Pada hari biasanya, jumlah pelintas itu sekitar 700 pelintas, sekarang karena arus mudik naik sekitar 1.200 pelintas perhari,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Herri Prihatin, Senin (19/6/2017).

Peningkatan jumlah pemudik dari Malaysia ini membuat sejumlah armada bis antar negara mengalami lonjakan penumpang. Salah seorang supir bis angkutan lintas negara, Fendi Hartandi mengatakan, lonjakan penumpang yang mudik menggunakan armada bis mulai terjadi sejak Jumat lalu.

“Peningkatannya sekitar 45 persen dibanding hari biasanya. Biasanya kami operasikan satu bis perhari, sekarang dua bis yang dari Kuching (Malaysia) ke Pontianak (Indonesia),” kata Fendi.

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman selama musim mudik 2017, Polres Sanggau menerjunkan 85 personil kepolisian yang ditempatkan di 4 pos pelayanan dan pengamanan lebaran. Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito menuturkan, titik pengamanan dan pelayanan dilakukan di PLBN Entikong, terminal Sosok, Tayan Hilir dan di dalam Kota Sanggau.

“Khusus Pos yang di Entikong jam beroperasinya mengikuti jam operasional PLBN, kalau yang lainnya 24 jam. Posnya terpadu, tidak Polri sendiri, ada dari unsur Pemerintah Daerah, (Dinas-red) kesehatan, CIQS, asuransi, TNI juga terlibat dalam Operasi Ramadniya 2017 ini,” ujar Kapolres. (DW)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00