• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jalan Sehat Peringati Hari Aids Sedunia

1 December
11:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ngawi : Ribuan masyarakat dari berbagai elemen mengikuti jalan sehat dan senam zumba memperingati Hari Aids Sedunia di Alun-Alun Merdeka Ngawi, Minggu (1/12/2019). Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Kesehatan juga memberikan layanan cek kesehatan gratis.

Ketua Komisi Penanggulangan Aids Daerah Kabupaten Ngawi yang juga Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar mengatakan upaya pencegahan penyebaran virus HIV/Aids terus dilakukan. Diantaranya upaya pencegahan, dapat dilakukan melalui dukungan kelompok sebanya. Disisi lain, pemerintah melalui Dinas Kesehatan juga menyediakan fasilitas klinik VCT (Volountary Conselesing Test) untuk screening pemeriksaan dugaan HIV/Aids.

“Kita di seluruh puskemas di Kabupaten Ngawi telah ada klinik VCT, untuk mendeteksi pasein yang mungkin terkena virus HIV/Aids. Ketika masyarakat dengan sadar memeriksakan diri, maka screening terkait HIV/Aids akan terbantu. Ketika misalkan, di ketahui terjangkit virus HIV/Aids, maka  telah telah ada empat Puskemas dan satu rumah sakit yang siap melayani pengobatan secara gratis, dan terapi di kawal oleh dokter di Kabupaten Ngawi.” Kata Ony Anwar(1/12/2019)

Ony Anwar mengharapkan masyarakat tidak mengucilkan atau menjauhi orang yang terkena HIV/Aids, tetapi menjauhi penyakitnya. Sebab HIV/Aids hanya dapat tertular melalui cairan tubuh antaralain tranfusi darah, hubungan badan, atau penggunakan jarum suntik secara bergantian dan sejenisnya.

“Harapannya masyarakat semakin paham dan peduli tentang HIV/Aids. Jadi kita tidak menjauhi orangnya, orang dengan HIV/Aids, tetapi kita menjauhi penyakitnya. Masyarat harus menjaduhi bagaimana penyakit HIV/Aids itu ditumbulkan, bukan menjauhi orangnya. Orangnya masih bisa hidup berdampingan dengan kita secara baik. Penularan HIV/Aids hanya bisa melalui darah, air mani atau berhubungan badan, sehingga kalau hanya bersenggolan atau berdekatan tidak menularkan” kata Ony Anwar(1/12/2019)

Dinas Kesehatan juga telah bekersama dengan bidan dan dokter kandungan untuk melakukan screening kepada ibu hamil. Jika diduga mengidap HIV dianjurkan untuk memeriksakan diri ke klinik VCT.(Mk)

foto : Ngawi Kab

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00