• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

6 Warga Riau Akan Pulang dari Natuna, Dinkes Minta Tidak Ada Stigma Negatif

14 February
19:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Sebanyak 6 warga negara Indonesia (WNI) dari Hubei, China akan pulang ke Provinsi Riau pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2020. 6 orang tersebut telah selesai menjalani proses karantina dan observasi terkait virus corona selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Riau, M Ridan meminta masyarakat jangan melekatkan stigma negatif pada 6 warga tersebut.

"Warga Riau yang akan pulang itu kondisinya sehat. Jangan ada stigma-stigma negatif buat mereka. Harus diterima di tengah-tengah masyarakat," katanya, Jumat (14/2/2020).

Dia menjelaskan pihaknya tak menyiapkan sambutan khusus terkait kepulangan 6 warga Riau itu. Mereka akan pulang menggunakan pesawat komersil. Apalagi institusi kesehatan tidak dilibatkan saat pemulangan, tetapi Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial 

"Mereka akan pulang seperti biasa, seperti penumpang pesawat pada umumnya. Pihak yang diundang adalah dinas pendidikan dan dinas sosial," jelasnya.

Ridan menyatakan 6 WNI itu dalam kondisi sehat. Pengecekan kesehatan terhadap mereka sudah dilakukan sebanyak dua kali.

"Mereka itu sehat. Menjalani observasi selama 14 hari. Dalam sehari kesehatan mereka dicek sampai dua kali. Jadi mereka itu benar-benar sehat," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru, Sarifuddin Saragih mengatakan pihaknya tidak lagi memantau kesehatan para WNI akan dipulangkan ke daerah masing - masing itu, karena di Natuna sudah dilakukan pemeriksaan dan pengawasan terahdap kesehatan.

"Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam tidak menemukan gejala klinis penderita virus corona 2019-nCoV pada enam orang anggota keluarga asal Riau," katanya.

Tim KKP di Natuna melakukan pemeriksaan dengan asistensi Dirjen P2P Kemenkes terhadap kesemua WNI dan disimpulkan belum ditemukan gejala klinis terkonfirmasi virus corona.

"Sesuai protokol kesehatan, terhadap WNI tersebut dilakukan observasi di rumahnya dengan pemantauan tim kesehatan dari KKP dan Kemenkes. Jadi tidak perlu khawatir. "Diharapkan masyarakat tetap tenang dan melaksanakan aktifitas seperti biasa dan tetap menjaga pola hidup dan pola makan sehat serta berolahraga," kata dia. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00