• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kadis Kesehatan NTB: Sebagian Besar Dokter Enggan Ditempatkan di Daerah Terpencil

20 May
06:44 2017
0 Votes (0)

KBRN, Mataram:  Penyebaran Dokter Umum maupun Spesialis di NTB terjadi ketimpangan yang sangat mencolok khususnya antara Kota Provinsi dan Kota Kabupaten termasuk Kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB  Dr.Handrini Eka Dewi menyebutkan Pendistribusian para dokter termasuk tenaga medis di daerah NTB masih belum merata dan dipengaruhi  kebutuhan dan fasilitas Kesehatan yang ada di Daerah Perkotaan  dibanding dengan Kabupaten maupun Desa.

Termasuk di Kota Mataram jumlah Dokter umum maupun spesialis mencapai 445 orang dengan jumlah penduduk mencapai 600 ribu dibanding Lombok Timur jumlah penduduk mencapai 1 juta 250 ribu orang jumlah dokter hanya 121 orang .

“Distribusi yang tidak rata ini menyebabkan pelayanan di daerah kurang optimal selain menempuh jarak danwaktu cukup panjang juga ke engganan kalangan dokter untuk mau ditempatkan di daerah terpencil lebih banyak ke RSU Daerah di Kota maupun RS swasta kan numpuk di Kota," kata Eka Dewi, Sabtu (20/5/2017).

Belum lagi jumlah dokter di Kabupaten Kota di luar Pulau Lombok kebutuhan tenaga dokternya jauh dari harapan sehingga masyarakat yang membutuhkan penanganan lanjutan harus menempuh perjalanan ke Ibukota Kabupaten atau ke Kota Provinsi di Mataram yang dinilai sangat memberatkan dan kurang efisien. (JTS/AKS) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00