• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BKKBN Ajak Remaja Bangun Generasi yang Lebih Baik

20 May
07:45 2017
0 Votes (0)

KBRN, Balikpapan: Melalui Program Generasi Berencana (GenRe), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mempersiapkan remaja untuk benar-benar merencanakan kehidupannya.

"Melalui Program GenRe ini bagaimana kita persiapkan generasi muda untuk mempersiapkan kepada kehidupan keluarga secara berencana," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli usai pembukaan acara Pembinaan Remaja Melalui Ajang Kreativitas di Balikpapan, Jumat (19/5/2017) malam.

Persiapan dalam hal ini menurut Eli yakni remaja mempersiapkan proses pendidikannya, karir kedepan dan hidup berkeluarga.

"Dan pada saatnya nanti mereka akan berkeluarga dengan penuh rencana, sesuai dengan kesehatan reproduksi dan pada akhirnya kita mengharapkan remaja ini nanti menjadi keluarga yang berkualitas, yang mampu memenuhi kebutuhan baik fisik maupun psikologis dan melahirkan anak-anak yang berkualitas," tegasnya.

Eli menambahkan untuk mendukung program GenRe, disetiap sekolah dan perguruan tinggi pihaknya juga telah membentuk kelompok Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja, sebagai salah satu wadah berbagi pengetahuan khususnya GenRe.

Pihaknya juga saat ini tengah melakukan komunikasi dengan sejumlah stakeholder untuk mengupayakan agar disetiap sekolah SMP, SMA dan Perguruan Tinggi dapat dibentuk PIK Remaja.

"Saat ini sudah ada 430 PIK yang terbentuk se-Kaltim, kita upayakan paling lambat dua tahun kedepan sudah terbentuk disemua sekolah, tahun ini kita lakukan koordinasi, tahun depan kemudian bisa dilakukan pembentukan PIK Remaja" jelasnya.

Sementara kegiatan Pembinaan Remaja melalui ajang kreativitas Remaja Tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di Balikpapan berlangsung selama 3 hari dari 19-21 Mei mendatang.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang remaja perwakilan dari Provinsi Kaltim dan Kaltara.

Diharapkan setelah mengikuti pembinaan, remaja dapat membangun rasa kebersamaan antar remaja dan mengingatkan pengetahuan,sikap dan keterampilan remaja dalam pengembangan diri,teman, serta keluarga. (Jd/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00