• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Gong Kebyar Wanita 'Hipnotis' Pengunjung PKB ke-39

16 June
21:32 2017
3 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Parade Gong Kebyar Wanita, dari Sekaa Gong Adnyana Gita Iswara, Denpasar, dan sekaa gong Gita Pertiwi Budaya, Badung, serta Pemutaran Film Dokumenter menjadi suguhan bagi pengunjung Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-39, Jumat (16/6/2017) malam.

Kedua pertunjukan yang masing-masing mengambil lokasi di Panggung terbuka Ardha Candra, dan Gedung Ksirarnawa itu mampu menarik animo masyarakat. Bahkan di panggung terbuka ardha candra, penikmat seni tampak memadati kursi tapal kuda yang disediakan. 

Tak hanya masyarakat, turut hadir Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra, dan Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa untuk menyaksikan parade gong kebyar wanita.

Salah seorang masyarakat asal Kerobokan, Badung, bernama Agung Oka ketika ditemui RRI mengaku, parade gong kebyar menjadi tontonan wajib ketika pelaksanaan PKB.

"Kesenian Balinya, apalagi kalau duta daerah kita ya," ucapnya. 

Sementara di Gedung Ksirarnawa, diputar film dokumenter yang mengajak masyarakat bernostalgia dengan nuansa Bali tempo dulu. Tim Juri, Prof. I Gede Parimartha mengatakan, 22 film dokumenter yang ditampilkan selama enam hari, semuanya mengusung tema besar PKB ke-39, yaitu Ulun Danu (Melestarikan Air Sumber Kehidupan).

"Tentu Bali tempo dulu dalam dokumenter ini akan tampak. Tidak hanya sekarang saja, sebab bagian-bagian dari tradisi dan yang menggunakan air, memanfaatkan air, tampak kelampauan, tampak, disamping kekinian," katanya. 

Sedangkan Sabtu (17/6/2017), Pesta Kesenian Bali ke-39 akan dibuka dengan Talkshow Fotografi Budaya, dari Korawa Art Fusion Bali, Lomba Gender Wayang Anak-anak, dan Parade Topeng Bondres Inovasi, persembahan sekaa topeng widya ceraken, Kabupaten Klungkung. (HRO/Foto:KBRN/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00