• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Tampil Bagai Seniman, Gubernur Kalsel Hibur Penonton Tadarus Puisi

18 June
15:42 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banjarbaru : Ratusan Seniman dan Budayawan ramaikan Tadarus Puisi dan Silaturahmi Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel) 2017 di Banjarbaru. Gubernur Kalimantan Selatan juga tampil sebagai seorang seniman sejati dengan kemampuannya membaca dan melantunkan puisi.

Dari sore hingga dini hari tadi, kegiatan Tadarus Puisi dan Silaturahmi Budaya berlangsung semarak di kawasan Mingguraya Banjarbaru. Acara yang digagas para seniman Banjarbaru ini sudah berlangsung 14 kali, dan selalu digelar pada Bulan Ramadhan.

Pada puncak acara, malam hadir Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Banjarbaru, dan juga ratusan seniman serta budayawan.

Gubernur pada kesempatan ini tampil dengan gaya khasnya yang berperan bukan sebagai gubernur,tetapi sebagai seniman sejati dengan gaya sederhana dan melantunkan untaian puisi yang indah penuh penghayatan. Penampilannya yang memukau mendapat tepuk tangan yang meriah dari para penonton. 

Seusai membacakan puisi, Gubernur menyampaikan apresiasinya kepada para seniman yang telah menggelar event budaya tersebut. Menurutnya, event budaya seperti ini menunjukkan bahwa masyarakat di Kalimantan Selatan adalah masyarakat yang berbudaya tinggi.

Untuk itu, Gubernur menginginkan ke depan acara harus lebih besar dan lebih meriah serta bukan hanya untuk para seniman Kalsel saja.

"Pemerintah Provinsi Kalsel siap membantu agar even ini bisa lebih besar, bahkan skala nasional, namun juga harus dibantu Pemerintah Kota Banjarbaru," tegasnya, Minggu (18/6/2017).

Selanjutnya, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani juga menyatakan kesiapan Pemerintah Kota Banjarbaru dalam memajukan seni dan budaya di daerahnya. Salah satu yang saat ini sedang disiapkan adalah gedung kesenian untuk para seniman dan budayawan dalam menggelar karya-karya mereka.

"Kita sudah mendapat dukungan pemerintah provinsi dan Kementerian Pariwisata,tahun depan kita usahakan menjadi event nasional," jelasnya.

Sementara itu, menanggapi kemampuan seni Gubernur Kalsel tersebut, budayawan Kalsel, HE Benyamine mengatakan, Sahbirin Noor, Gubernur Kalsel sekarang, sudah sejak kecil biasa bergaul dengan kalangan seniman. Bahkan, sejak remaja Taman Budaya Banjarmasin sudah seperti rumahnya sendiri, sehingga tidak mengherankan kecintaannya terhadap dunia seni sangat tinggi. (SAL/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00