• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Korsel Tarik Seluruh Rencana Pembangunan PLTN Baru

19 June
14:53 2017
0 Votes (0)

KBRN, Seoul : Presiden baru Korea Selatan Moon Jae-In berjanji pada hari Senin (19/6/2017) akan membatalkan semua rencana pembangunan reaktor nuklir baru saat ia berusaha untuk mengarahkan negara ekonomi terbesar keempat di Asia keluar dari energi nuklir.

Moon, yang menang telak bulan lalu, mengampanyekan janji penghapusan energi nuklir dan merangkul sumber energi lebih aman dan ramah lingkungan termasuk energi surya dan angin.

Krisis nuklir Fukushima di Jepang yang dipicu gempa dahsyat pada bulan Maret 2011 memicu kekhawatiran publik yang meluas di Korea Selatan terkait pembangkit listrik atomnya.

"Kami akan membuang pasokan listrik nuklir kami dan membuka pintu menuju era pasca-nuklir," kata Moon dalam pidato yang menandai penonaktifan reaktor nuklir pertama di negara itu, Kori-1, seperti dikutip dari AFP, Senin (19/6/2017).

"Saya akan membuang semua persiapan untuk membangun reaktor baru yang saat ini sedang berjalan dan tidak akan memperpanjang masa pakai reaktor saat ini," katanya.

Banyak letak reaktor berdekatan dengan daerah pemukiman di negara berpenduduk padat, kata Moon, memperingatkan "konsekuensi yang tak terbayangkan" jika terjadi krisis nuklir.

"Korea Selatan tidak aman dari risiko gempa bumi, dan sebuah kecelakaan nuklir yang disebabkan satu gempa dapat memiliki dampak yang sangat buruk," katanya.

Korea Selatan saat ini mengoperasikan 25 reaktor nuklir, yang menghasilkan sekitar 30 persen pasokan listrik negara tersebut.

Banyak di antaranya memiliki rentang operasional antara 2020 sampai 2030. (NGH/AFP/BCS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00