• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kapolri Kirim Tim Tindaklanjuti Pernyataan Novel di Majalah Time

19 June
17:01 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian akan mengirimkan tim ke Singapura untuk meminta keterangan dari penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Pemeriksaan tersebut menindaklanjuti keterangan Novel kepada Majalah Time yang menyebut dugaan keterlibatan oknum jenderal Polisi dalam kasus penyiraman air keras kepada Novel. Saat ini Novel menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit di Singapura.

“Saya ingin bersinergi dengan KPK. Pemeriksaan tergantung dari kesiapan Saudara Novel dan KPK. Kita akan selalu berkoordinasi dengan Ketua KPK. Kalau Novel sudah siap terutama aspek kesehatan dan kalau didampingi Ketua KPK maka akan lebih bagus. Tim akan berangkat kesana,” kata Jederal Pol Tito dalam keterangan pers di Gedung KPK, Senin (19/6/2017).

Tim akan meminta penjelasan Novel apakah dugaan keterlibatan oknum jenderal adalah fakta yang diserta alat bukti atau hanya sebatas kecurigaan Novel. Jika Novel memberikan bukti maka Polri siap untuk menindaklajuti proses hukum.

“Kami berusaha mengirim tim ke sana untuk menanyakan apakah itu fakta ada bukti atau isu kecurigaan. Kalau itu fakta bukti, Polri siap melakukan proses penyidikan. Kalau itu isu, maka saya pimpinan Polri menyayangkan karena akan berakibat buruk kepada image Kepolisian, menimbulkan situasi yang kurang baik KPK dan Polri.“

Kapolri mengaku tidak reaktif atas pernyataan Novel di Majalah Time.

“Pernyataan Saudara Novel di Majalah Time dugaan oknum Jenderal Polisi, kami menanggapi tidak reaktif,” tegasnya.

Mengenai waktu pemeriksaan Novel, Kapolri belum dapat memastikan karena tergantung kesiapan Novel. Namun dia menegaskan, pihaknya ingin pelaku penyiraman air keras segera terungkap.

"Timing saya tidak bisa menentukan. Inginnya secepat mungkin agar klarifikasi bisa dilaksanakan," tegasnya. (Sgd/Mon/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00