• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Arus Mudik Balik

Ratusan Pemudik Terlantar di Pelabuhan Kalianget

19 June
17:13 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sumenep : Ratusan pemudik tujuan Kepulauan Sumenep terlantar di Pelabuhan Kalianget, Senin (19/6/2017). Pasalnya, Kapal Cepat Bahari Ekspres 9C yang dijadwal melakukan pelayaran perdana mudik gratis dari Pelabuhan Kalianget menuju Pelabuhan Batu Guluk, Arjasa Pulau Kangean mengalami kerusakan setelah tersangkut karang di perairan kalosot Raas.

PT Sakti Inti Makmur (SIM) selaku operator pemenang tender program mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Timur sempat berencana mendatangkan kapal pengganti dari Jepara Jawa Tengah, namun gagal diberangkatkan. Akibatnya, pemudik yang terlanjut berangkat keleleran di areal pelabuhan.

Mereka kecewa karena informasi penundaan pemberangkatan diumumkan mendadak, namun mereka tetap di Pelabuhan menunggu Kapal Gratis beroperasi sebab pelayaran armada lainnya dengan tujuan Kangean kosong. ”Kami baru tahu kalau gagal berangkat ketika di Pelabuhan. Tidak ada pilihan lain, tetap menunggu sebab informasinya besok baru bisa berangkat. Kalau kembali tentu jauh,” ungkap Arman salah seorang calon penumpang.

Hingga saat ini, pemudik terpaksa harus bermalam di sejumlah tempat penginapan sekitar pelabuhan, termasuk diaula Pelabuhan Indonesia III dan Kecamatan menggunakan alas seadanya sambil menunggu pelayaran. Mereka berharap perbaikan Kapal secepatnya selesai, sebab di pelabuhan banyak biaya dikeluarkan untuk makan, minum, dan mandi.

Kepala Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Mohammad Iksan mengatakan Instansinya telah melakukan rapat kordinasi dengan sejumlah Instansi terkait termasuk operator pelayaran kapal cepat guna menanggulangi penumpang yang tertahan di pelabuhan. Opsi pertama jika perbaikan selesai hari ini, maka  pelayaran Kapal gratis akan dilakukan tiga kali trip Kalianget-Kangean. ”Berangkat jam 06.00 pagi dari kalianget, kemudian siang bertolak dari Kangean, dan sorenya lagi kembali berlayar ke Kangean,” terangnya.

Namun demikian, lanjut Iksan, jika perbaikan Kapal Cepat Bahari Ekspres 9C belum selesai, maka PT SIM selaku pemenang tender mudik gratis akan menyewa kapal navigasi guna mengangkut pemudik. ”Kita tunggu sampai nanti malam, apakah menyewa kapal atau sudah bisa menggunakan kapal cepat,” ucapnya. (FW/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00