• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menkominfo Kerahkan 300 BTS di Jalur Mudik

19 June
17:24 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng operator telekomunikasi, untuk ikut memberikan kemudahan dan kelancaran berkomunikasi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik.

Menkominfo mengerahkan 300  mobil Base Transceiver Station (BTS)  di sepanjang jalur arus mudik, terutama di tempat-tempat yang rawan kemacetan, agar para pemudik tetap dapat melakukan komunikasi dengan lancar.

“BTS-BTS ini akan ditempatkan di daerah-daerah yang dianggap potensi macet.  Yang dulu di Brexit (Brebes Exit) sekarang agak lebih ke timur, dan ada beberapa jalan fungsional. Terdistribusilah. Tapi itu cuma sampai Jawa Tengah, karena begitu masuk Jawa Tengah,  kepadatan mudik akan terurai,”  jelas Menkominfo Rudiantara dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (19/06/17).

Mobil-mobil BTS ini penting untuk kelancaran berkomunikasi, terutama di daerah yang selama ini belum ada BTS yang permanen.  “Supaya jika terjadi kemacetan, pemudik tidak marah-marah karena sulit berkomunikasi lewat telepon selularnya,” sambung Rudiantara.

Rudiantara lebih lanjut mengatakan,  fokus utama pemerintah sekarang adalah bagaimana supaya transportasi lancar, “karena karena kalau transportasi lancara komunikasi juga lancar,” tukasnya.

Selain menambah menempatkan mobil BTS,  Menkominfo juga sudah meluncurkan aplikasi ‘Ayo Mudik’  untuk membantu para pemudik mendapatkan informasi seputar mudik,  mulai dari informasi jalan alternatif, ATM, posko kesehatan, rest area dan informasi penting lainnya.

Data Kominfo menyebutkan, sejak diluncurkan pada hari Kamis kemarin,  aplikasi mudik terpadu pertama di Indonesia ‘Ayo Mudik’ sudah diunduh oleh 8.900 orang melalui google play.

“Kami juga  sudah menguji kesiapan jaringan telekomunikasi untuk keperluan mudik. Pengujian dilakukan serentar di 10 kota  baik untuk jalur  darat maupun  jalur kereta api utara dan selatan,”  kata Komisioner Badan  Regulasi Telekomunikasi Indonesi Muhammad Imam Nashiruddin, yang juga hadir dalam keterangan pers hari ini.

Sepuluh daerah tersebut yakni Jakarta, Lampung, Bandung , Surabaya, Makasar, Medan, Padang , Batam, Balikpapan dan Semarang.

“Sejauh ini, kondisi jaringan telekomunikasi cukup baik, dan diharapkan bisa mendukung kenyamanan dan kelancaran arus mudik,”pungkas Muhammad Imam. (MK/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00