• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Polri Tawarkan KPK Bentuk Tim untuk Usut Kasus Teror Novel

19 June
18:56 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Kepolisian RI menawarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membentuk tim dalam pengusutan perkara teror kepada Novel Baswedan. Kemudian tim KPK bersinergi bersama tim yang dibentuk Polri.

“Terkait dengan langkah lanjut, saya sudah menyampaikan bapak Ketua KPK, Polri menawarkan KPK untuk mungkin ikut tim dan bisa memback up atau menempel,” kata Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian, dalam keterangan pers di Gedung KPK, Senin (19/6/2017).

Kapolri menegaskan, tim yang dibentuk oleh Polri dan KPK nantinya bukan tim gabungan karena kasus yang ditangani bukan kasus korupsi melainkan kasus tindak pidana yang merupakan kewenangan dari Polri.

“Ini bukan tim gabungan karena ini bukan tupoksi sama tetapi ini kasus tindak pidana umum yang merupakan domain Kepolisian. Kepolisian membuka diri apalagi Saudara Novel menyampaikan kecurigaan ada oknum. Ini bagi Kepolisian tidak nyaman. Alangkah baiknya kita lebih terbuka dengan cara tim KPK menempel. Misal mengecek alibi orang-orang yang dicurigai di rumah Novel. Bersama-sama dengan tim KPK dan ini tawaran kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dan mengevaluasi bersama pimpinan KPK lainnya mengenai tawaran dari Kapolri.

“Kami mengevaluasi backup yang bisa kami berikan. Gabungan apa yang kami berikan. Nanti kami mengkomunikasikan kepada Polri. Kami harus evaluasi bantuan apa yang bisa diberikan KPK kepada Polri,” tuturnya.

Mengenai rencana Kapolri yang akan mengirim tim ke Singapura untuk meminta keterangan dari Novel Baswedan, Agus mengaku siap ikut mendampingi Novel.

“Mungkin ada langkah klarifikasi dari Saudara Novel di Singapura. Saya akan dampingin. Semoga kita bisa menemukan pelaku,” kata Agus. (Sgd/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00