• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemerintah Lumajang Bekerja Sama dengan Usaid Iuwash Plus Perbaiki Sanitasi dan Air Minum

19 June
20:55 2017
0 Votes (0)

KBRN, Lumajang: Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur bersama dengan United States Agency For Internasional Development - Usaid Iuwash Plus atau  Badan Pembangunan Internasional Amerika menggelar Visioning Workshop Program Air Minum,  sanitasi dan higine  untuk kerja sama guna meningkatkan kesehatan lingkungan bagi semua demi kesejahteraan masyarakat ke depan.

Menurut Goverment spesialis Usaid Iuwash Plus Jawa Timur, Imam Suhadi,  Kondisi demikian dilakukan mengingat semakin memburuknya kualitas sanitasi dan kelayakan air minum di Lumajang Jawa Timur maupun di darah lain. Sehingga kedepan prioritas dalam kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang kali ini pada wilayah khususnya perkotaan yang saat ini berada pada 40% pada tingkat kesejahteraan terendah. 

Sehingga dengan adanya kerja sama kali ini untuk pencapaian perbaikan dalam sektor air minum dan sanitasi di wilayah perkotaan Lumajang dapat berkualitas tinggi. 

"Setelah adanya komitmen dengan pemerintah Lumajang dengan program sebanyak 7 Program, dalam pencapaian target prioritas yakni ada empat yakni air minum, sanitasi dan Goverment serta Gender, semua itu tentu saja untuk kepentingan masyarakat dan kita semua," jelasnya, Senin (19/6/2017).


Sementara itu, Kepala Bappeda Lumajang Jawa Timur, Ir Nugroho Dwi Atmoko, Prioritas yang telah dilakukan  pemerintah Jawa Timur, sejauh ini karena adanya kerja sama tersebut telah terealisasi disejumlah daerah dan ke depan di harapkan Kabupaten Lumajang 
Sebagai prioritas dalam melakukan perbaikan sanitasi dan air minum. 

"Persoalan sanitasi dan air Minum, sudah menjadi dasar dalam melaksanakan program Usaid Iuwash Plus, air minum yang dikonsumsi rata rata sudah terkontaminasi dan jika dibiarkan buruknya sanitasi sangat bisa terdampak negatif, potensi pencemaran mulai dari Hulu sampai hilir terus terjadi," jelasnya. 

Sejauh ini minum yang sehat di Lumajang dapat diprosentase mencapai 70 persen pada tahun 2016. Untuk itu ditargetkan  pada tahun 2019 bisa tercapai secara keseluruhan terkait baiknya sanitasi dan kelayakan air minum dengan teknis dalam setiap tahun ditargetkan tercapai 10%, Untuk itu diperlukan adanya pendampingan dari Usaid Iuwash Plus.

"Akan tetapi saat ini yang menjadi perhatian serius yakni dari aspek regulasi perlu adanya yakni perda soal sanitasi," jelasnya.

Air minum dan sanitasi mendatang ditargetkan Standart SNI,  dalam pengelolaan air minum terkait kontuinuitas,  kualitas dan berkelanjutan sebagai target pemerintah Kabupaten Lumajang mendatang secara keseluruhan. 

Apalagi saat ini Bappeda Lumajang dan Bagian keuangan sudah terintregrasi IT dari masing masing dan kedepan diharapkn adanya data tunggal Program dan tujuan, sehingga Peran pemerintah sebagai fasilitator dalam berbagai persoalan untuk pembangunan masyarakat lebih mudah lagi dicapai. 

Sementara itu Bupati Lumajang Drs H Asat Malik, kedepan akan memberikan perhatian serius dalam melakukan pengembangan program tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada seluruh masyarakat, untuk itu diminta kerja sama yang baik dengan kedua belah pihak terutama masyarakat dalam bergaya hidup sehari hari itu yang terpenting. (KA/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00