• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Perbatasan RI-Filipina Krisis BBM Jenis Premium

10 August
12:18 2017
2 Votes (2)

KBRN, Talaud : Hampir sebulan, masyarakat di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara mengalami kelangkaan BBM jenis Premium.

Hal ini disebabkan, Kapal Fery yang biasanya mengangkut premium untuk didistribusikan ke pangkalan di  wilayah Perbatasan Indonesia dengan Filipina mengalami kerusakan. Sementara, kapal perintis yang melayani rute tersebut sama sekali tidak memperbolehkan pemuatan minyak ke Miangas.

Hal ini diungkapkan Camat Miangas, Stevenheiner Maarisit kepada RRI. Menurutnya, untuk menyiasati kelangkaan ini, masyarakat yang menumpangi Kapal Perintis dari Bitung, Tahuna hingga Miangas, sering main kucing-kucingan dengan petugas, guna meloloskan premium yang dibawa. Minyak ini juga masukan ke dalam kopor atau travel bag, sedangkan pakaian disimpan dalam dus.

Premium yang ada dan saat ini dijual mencapai Rp50.000/liter.

"Jadi selama ini masyarakat membeli dari Manado, Bitung dan Tahuna . Itu disimpan sebaik mungkin lalu dibawa dikapal perintis. Itu disembunyikan, kalo kedapatan pastinya ditahan. Masyarakat menyimpan  bensin dalam kopor, sedangkan pakaian di dalam dos. Jadi terbalik," ungkap Camat Miangas, Kamis ( 9/8/2017).

Diharapkan, program  BBM satu harga yang damanatkan Presiden Joko Widodo di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal atau 3T, termasuk Miangas dapat segera diterapkan.

"Dengan kunjungan Pak Presiden kemarin, bahwa setiap daerah perbatasan itu memiliki program BBM satu harga, yang pada waktu itu diresmikan di Irian (Papua-red), tetapi hingga saat ini kami di Miangas belum menikmati program tersebut," keluhnya.

 Kepada pihak terkait diminta untuk segera menyeriusi kelangkaan yang meresahkan atau dikeluhkan masyarakat, termasuk mahalnya harga premium. (Robert T/Evie/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00