• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Kejuaraan Tenis Nasional di Mataram Diharapkan Mampu Melahirkan Petenis Junior NTB yang Handal

13 August
10:38 2017
1 Votes (1)

KBRN, Mataram : Kejuaraan tenis tingkat nasional senior-junior piala Danrem 162/WB yang berlangsung sejak tanggal, 10 – 13 Agustus 2017 dilapangan Tenis Wira Bhakti, semakin ramai dikunjungi oleh penonton pecinta olah raga tenis lapangan.

Bahkan, sebelum memasuki babak final sore hari ini, Minggu (13/8/2017) sebelum acara pertandingan berlangsung, Tim CBR Foundation memberikan kegiatan pelatihan bagi anak-anak muda di daerah ini  pecinta olah raga tenis.

Antusiasme anak-anak yang berusia 8 sampai belasan tahun ini menerima berbagai ilmu yang diberikan langsung oleh Trainer CBR Foundation.

Semangat anak-anak tampak terlihat mengikuti  latihan tehnik  dasar permainan tenis yang benar yang diberikan Tim CBR.

Trianer CBR Foundation yang juga pelatih PON NTB, Erni mengatakan, anak-anak calon pemain petinis pertama-tama harus memilki kekuatan fisik, terutama otot kaki.

“Karena olahraga tenis itu kuncinya di kaki, jadi dimulai dari usia dini harus diberikan latihan kekuatan kaki atau latihan skipping,” ujar Erni Susan

Selain latihan kekuatan di kaki, ia juga memberikan latihan kepada anak-anak agar memiliki senjata pukulan (forehand), karena menurutnya banyak pukul indah dan bagus tapi mereka tidak memiliki pukulan andalan.

 “Saya melatih Panji salah satu petenis nasional memiliki  pukul forehand yang sangat  mematikan pukulan lawan,” katanya

Olahraga tenis lapangan merupakan olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan pukulan, sebab tanpa menggunakan pukulan-pukulan yang baik maka kita akan susah untuk mendapatkan poin.

Pukulan-pukulan yang mematikan ini akan dicoba diajarkan  kepada  anak-anak, agar bisa diterapkan di masing-masing klubnya.

“Prosentasenya taruhlah latihan yang lain 80 persen, tapi untuk latihan forhand-nya bisa lebih dari 81 persen,” jelasnya.

Selain pukulan, kita juga perlu mengetahui tentang servis pada olahraga tenis lapangan ini.

Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel (Inf) Farid Ma'ruf saat ditemui di lapangan mengungkapkan, melalui kejuaraan tenis ini  juga digelar juga latihan bagi atlet-atlet tenis junior oleh CBR Foundation, dengan harapan 4-5 tahun mendatang petenis-petenis muda asal NTB bisa mempelajari teknik dasar bermain tenis yang baik.

“Saya yakin menguasai tehnik dasar bermian tenis yang baik, nanti pada pertadingan tingkat lokal maupun nasional akan bisa menyamai permainan dari lawan,” ucap Danrem.

Karena itu, kejuaraan ini difokuskan untuk pemain junior, sebab sebagaimana diketahui bersama NTB sudah memiliki satu petenis nasional atas nama Panji yang saat ini merupakan peringkat kedua nasional.

Keberhasilan Panji diharapkan dapat memotivasi bagi para petenis junior didaerah ini yang mampu mengukir prestasi ditingkat nasional.

“Saya opmtimis akan lahir atlet junior yang lainnya dari kejuaraan yang digelar ini,” tegasnya.

Danrem Farid Makruf mengatakan, event ini dilatarbelakangi  dari perkenalannya dengan Cristhoper  Rungkat pada tahun 2014  lalu, di mana petenis nasional ini sangat peduli dengan generasi muda, sehingga ia mendirikan CBR Foundation dengan maksud untuk membantu generasi muda yang berbakat di bidang olahraga tenis.

“CBR Foundation memilih melaksanakan kegiatan di NTB dengan harapan dapat menjaring atlit junior dari NTB yang bisa di andalkan dalam berbagai kejuaraan antar daerah, nasional maupun internasional nanti,” pungkas Danrem. (ZA/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00