• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Jadwal Tampil Tari 10001 Berubah

13 August
11:04 2017
1 Votes (5)

KBRN, Blangkejeren : Tari Saman massal 10.001 penari yang akan di helat di lapangan seribu bukit, Gayo Lues, akan ditampilkan dalam satu sesi selama 30 menit.

Panitia pelaksana, sebelumnya merencanakan pentas seni tari massal itu sebanyak tiga sesi, masing-masing; 13 menit, 11 dan 9 menit.

Perubahan jadwal tampil ini disampaikan Sekretaris pelaksana, Syafruddin, S, Sos kepada RRI, Minggu (13/8/2017).

Menurutnya, perubahan mekanisme tampil itu lantaran panitia mengkhawatirkan bubarnya peserta tari pada saat istirahat. Dengan ini diprediksi jadwal tampil akan tergantung dan tidak maksimal.

"Di waktu senggang takutnya hilang peserta, maka kita kumpulkan untuk tampil dalam satu sesi. Soal kemampuan peserta sudah kita tes pada gladi resik, dan terbukti mereka sanggup untuk tampil," ujar Syafruddin.

Kendatipun demikian, pelaksanaan tari Saman massal 10.001 tetap digelar pada Minggu 13 Agustus 2017 pukul 10:00 Wib.

Terpantau peserta Tari Saman Massal 10.001 terus memenuhi lapangan seribu bukit. Ribuan pengunjung juga sudah mulai menyesaki tribun sejak pagi tadi.

Gubernur Irwandi Yusuf juga sudah tiba di Gayo Lues. Pesawat pribadi Hokagata Hanakaru juga sempat beberapa kali memutar di atas Lapangan Seribu Bukit. Hiruk pikuk peserta dan masyarakat yang hadir juga kentara melambaikan tangan.

Informasi yang di peroleh dari panitia, sejumlah tamu undangan dari kementerian juga dilaporkan sudah tiba di Gayo Lues. Mereka di antaranyai; Dr. Ir. Pamuji Lestari (Asisten Deputi Urusan Warisan Budaya Kementerian Koordinator PMK RI). Drs. Wijanarko Setyawan, Msc (Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus Kemenko PMK RI), Haris Djayati (Kepala Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman Kemenko PMK RI). Gauran Mancacarita Dipura (Staf Analisis dan Substansi Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK/Perwakilan Penilai Dari Unesco). Dr. Ir. Moon Cahyadi (Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Khusus Kemenko PMK RI). Panca Dewi Setyarini (Kasubid Pemukiman dan Transmigrasi Kemenko PMK RI), dan ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsha. (Muhammad/Sn/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00