• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dua Terdakwa Korupsi DD di Sampang Divonis 1 Tahun 8 Bulan

13 August
12:57 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sampang : Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya telah memvonis dua terdakwa kasus dugaan korupsi alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) di Kabupaten Sampang tahun anggaran 2016 lalu, Jumat (11/8/2017). 

Kedua terdakwa itu adalah Ahmad Junaidi Camat Kedungdung non aktif dan Kun Hidayat yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Pemberdayaan Masyarakat di kantor Kecamatan Kedungdung. Namun hingga kini Jaksa Penuntut Umum (JPU) belum menentukan sikap terhadap putusan tersebut. 

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang Yudi Arianto Tri Santosa mengatakan, atas putusan hakim terhadap kedua terdakwa itu pihaknya masih pikir-pikir, tim JPU masih mempunyai waktu selama tujuh hari ke depan untuk menentukan sikap. 

"Kalau kami pada dasarnya masih koordinasikan dulu dengan pimpinan terkait putusan itu," ucapnya, Minggu (13/8/2017). 

Yudi menjelaskan, kedua terdakwa itu divonis 1 tahun 8 bulan penjara yang lebih ringan dari tuntutan JPU yaitu 2 tahun 6 bulan. Sementara uang penggantinya sama dengan tuntutan JPU, untuk Ahmad Junaidi sebesar Rp 1,6 miliar dan Kun Hidayat sebesar Rp 600 juta lebih yang sebagian sudah dikembalikan. 

Selain itu, lanjut Yudi, masih ada dua unit mobil dan perhiasan emas bernilai kurang lebih Rp 60 juta. Apabila nantinya sudah berkekuatan hukum tetap, maka sejumlah aset itu akan dilelang untuk mengembalikan kerugian uang negara. (Wan/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00