• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

10.001 Penari Saman dari Negeri Seribu Bukit Pecahkan Rekor Muri

13 August
14:27 2017
0 Votes (0)

KBRN, Blangkejeren : Sebanyak 10.001 penari laki-laki akan membuat rekor terbaru dalam perhelatan Tari Saman yang digelar di stadion Seribu Bukit, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Minggu (13/8/2017).

Tari saman ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues yang juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Pusat.

Tari saman asal Tanah Gayo ini akan memecahkan rekor Muri dimana sebelumnya rekor tersebut juga tercatat oleh Muri sebanyak 5001 penari Saman di Kabupaten Gayo Lues.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues, Syafrudin mengatakan, perhelatan Tari Saman ini melibatkan 10.001 yang direkrut dari seluruh penari asal Kabupaten Gayo Lues.

Perekrutan penari saman ini melibatkan semua pihak, baik dari PNS, TNI polri, pelajar dan ada juga penari dari Kabupaten lainya seperti dari Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara dan juga kabupaten Aceh Timur, Bener meriah dan Aceh Tengah.

Pihak panitia juga telah menggelar Persiapan gladi yang dilakukan pada Sabtu kemarin yang juga diikuti oleh 10.001 penari saman di stadion Seribu Bukit Gayo Lues.

Menurut agenda dari pihak panitia, Tari Saman ini dimulai pada pukul 10.00 WIB yang dilakukan dalam tiga sesi. Sesi pertama pada pukul 10.00 WIB sesi ke dua pada pukul 10.30 WIB dan sesi ke tiga pukul 10.49 WIB.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Nova Iriansyah serta juga turut hadir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Direktur Pembinaan SD Kemendikbud dan Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya serta tim dari Muri.

Saat ini terpantau di stadion Seribu Bukit Gayo Lues, ribuan penonton telah menduduki tribun untuk menyaksikan perhelatan bersejarah ini. Penonton yang datang ini dari masyarakat lokal, luar daerah dan para wisatawan baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik.

Perhelatan Tari Saman ini sebagai bentuk menjaga warisan budaya Tanah Gayo asal Aceh. UNESCO PBB secara resmi telah mengakui Tari Saman sebagai warisan dunia tak benda. Saat ini tari saman telah terkenal hingga ke berbagai daerah, perkembangan saat ini, Tari Saman bahkan sudah mulai terkenal ke berbagai negara. (Mj/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00