• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hiburan

Faisal Azmi dan Auliyaa Ul Laytsy Wakili RRI Bukittinggi pada Bintang Radio 2017

13 August
20:41 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Faisal Azmi dan Auliyaa Ul Laytsy memperoleh nilai tertinggi dan tampil sebagai juara pertama dalam kompetisi Bintang Radio Indonesia dan ASEAN di RRI Bukittinggi.

Auliyaa Ul Laytsy, juara pertama kategori putri memperoleh nilai 4.802. Sementara Faisal Azmi di kategori pria memperoleh total nilai 4.904.

Final Bintang Radio Indonesia dan ASEAN di RRI Bukittinggi diikuti sepuluh peserta terbaik, lima putra, dan lima putri, masing-masing menyanyikan dua lagu dengan level slow (santai) dan beat (cepat) yang kategori lagu nya dipilihkan oleh dewan juri.

Kepala Stasiun RRI Bukittinggi Samirwan berharap Faisal Azmi dan Auliyaa Ul Laytsy yang akan mewakili RRI Bukittinggi pada Bintang Radio Indonesia dan ASEAN tingkat nasional itu mampu memberikan penampilan terbaik sehingga lolos ke peringkat lima besar.

“Persiapkan penampilan dan jaga kesehatan agar optimal nantinya saat tampil di tingkat nasional. Peserta yang terpilih ini jelang keberangkatan juga akan dipersiapkan, dilatih kembali oleh pelatih yang telah dipersiapkan RRI Bukittinggi, maka ikutilah dengan baik, sehingga dengan matangnya persiapan, dapat memperoleh hasil yang maksimal di tingkat nasional,” jelasnya.

Menurut Samirwan, kompetisi Bintang Radio merupakan ajang mengukir prestasi bagi generasi muda. Maka dari itu diberikan semangat kepada peserta untuk menampilkan potensi bakat yang ada pada diri peserta. 

“Menyamakan suara dengan alumni musik, mengiringi nada, dan melatih vokal merupakan hal yang sulit, apalagi harus menghafal lirik lagu bait demi bait, butuh kosentrasi dan penghayatan yang tinggi, siapa peserta yang mampu menaklukkan itu dia lah yang paling berpotensi menjadi juara,” ulasnya.

Samirwan menambahkan, keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat, karena otoritas penilaian ada ditangan juri, serta tidak ada intervensi dan tekanan dari pihak manapun, tidak terkecuali dari pihak RRI Bukittinggi sendiri.

“Ini bukan ajang mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah. Tapi ini adalah ajang penyaluran bakat yang akan dipersiapkan untuk kompetisi yang lebih baik lagi di tingkat nasional. Para juara ini tidak saja membawa nama RRI Bukittinggi, tapi juga membawa nama Kota Bukittinggi di tingkat nasional, sehingga memang dibutuhkan penyanyi terbaik diantara yang baik,” tukasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Antoni Samawil, yang mewakili Wali Kota Bukittinggi saat penutupan menuturkan, hukum alam lah yang membawa peserta hingga sampai ke babak final ini.

“Penilaian seluruh nya diserahkan pada dewan juri, dan hasil itu menandakan tidak ada yang kebetulan di dunia ini, seluruh nya membutuhkan proses. Diucapkan selamat kepada pemda pemenang mewakili RRI Bukittinggi ke kompetisi Bintang Radio Indonesia dan ASEAN tingkat nasional,” ucapnya.

Menurut Antoni Samawil, pertumbuhan bakat menyanyi di Kota Bukittinggi sangat luar biasa, banyak penyanyi yang berbakat lahir secara silih berganti dan mampu meraih juara di berbagai kompetisi.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Juri Denitral menjelaskan, peserta dinilai berdasarkan vocal, penampilan, pengusaan panggung, tingkat kesalahan, sangat sulit menentukan karena peserta yang tampil di babak final memiliki kemampuan yang hampir merata.

"Dari evaluasi yang dilakukan lima orang dewan juri, ada masukan yang perlu diketahui seluruh peserta, diantaranya kekurangan improvisasi. Jangan dilakukan saat toon tidak pas, berbahaya."

“Power di nada tinggi jangan disamakan dengan power di nada rendah, karena power atau kekuatannya berbeda. Awal start bernyanyi biasakan datar, dan ending atau penutup lagu ada klimaks yang sangat berpengaruh dalam penilaian,” ungkapnya.

Denitral juga mengingatkan energik saat lagu beat jangan hanya fokus pada suara.

"Kesiapan peserta, jangan lupa syair, berikut hitungan masuk saat beat berhenti, harus sama antara musik dan suara si penyanyi. Termasuk Interval lagu, 50 persen suara rendah, dan 50 persen lagi suara tinggi, jaga interval, jangan salah memilih lagu. Serta hati-hati dalam menebak nada,” tukasnya. (YPA)                     

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00