• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Press Release

Tongkat Komando Yonzipur 18/YKR Resmi Berpindah Tangan

9 October
16:42 2017
2 Votes (5)

KBRN, Denpasar : Tongkat komando Komandan Bataliyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/Yudha Karya Raksaka (YKR) resmi berpindah tangan dari Letkol Czi Djoko Rahmanto kepada Mayor Czi Prastiwanto, Senin (9/10/2017).

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simandjuntak dalam amanatnya menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi. Disamping itu, alih kesatuan juga merupakan momen untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial serta profesionalitas keprajuritan. Untuk itu, Serah Terima Jabatan Danyonzipur 18/YKR kali ini hendaknya dipahami sebagai upaya optimalisasi tugas pokok TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam IX/Udayana.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa tugas pokok Yonzipur 18/YKR adalah sebagai Satuan Bantuan Tempur dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam IX/Udayana. Sebagai Satuan Bantuan Tempur, Yonzipur 18/YKR bertugas untuk memperlambat gerak maju pasukan lawan, membantu kelancaran gerak maju pasukan kawan dan menjamin kelangsungan hidup pasukan yang dibantu. 

Selain itu, Yonzipur 18/YKR bersama satuan terkait lainnya juga turut serta dalam kegiatan protokoler kenegaraan yaitu pengamanan VIP dan VVIP serta penanggulangan aksi terorisme dan aksi sabotase lainnya khususnya yang terjadi di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.  

“Mengingat sangat pentingnya tugas yang diemban oleh Yonzipur 18/YKR, maka saya perintahkan kepada Danyon Zipur 18/YKR yang baru, agar berpikir logis dan bersikap maupun bertindak yang terbaik. Tingkatkan kualitas dan kemampuan anggota, terutama kemampuan Jihandak yang merupakan ciri khas dari Satuan Yonzipur 18/YKR agar selalu siap setiap saat untuk digerakkan dengan segala kelengkapannya.” tegas jenderal bintang dua itu. 

Kualitas dan kemampuan diri yang diharapkan, hendaknya disertai dengan kepribadian dan disiplin yang tinggi sehingga akan mencerminkan sosok prajurit Yonzipur 18/YKR yang benar-benar tangguh, andal dan profesional. Disiplin yang saya maksudkan hendak-nya disertai dengan semangat belajar dan berlatih sesuai dengan motto Yudha Karya Raksaka.
 
Pangdam berharap kepada Danyonzipur 18/YKR yang baru, dapat menekankan kepada seluruh anggotanya, agar dalam bersikap dan bertingkah laku senantiasa mencerminkan jati diri sebagai sosok seorang prajurit yang memiliki kematangan pribadi dan kualitas mental yang baik. 

“Pimpin dan bawa Yonzipur 18/YKR menjadi Batalyon kebanggaan dan teladan, dengan cara meningkatkan profesionalisme seluruh prajurit, baik secara perorangan maupun sampai dengan satuan. Profesionalisme dapat terwujud apabila latihan dilaksanakan secara rutin, bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan berpedoman kepada Rencana Latihan yang telah dibuat.” Tegas Pangdam. (Rell/HRO/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00