• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

1.500 Siswa dan Guru Perbatasan Ikuti Acara Persemaian Nilai Budaya 2017

12 October
07:03 2017
0 Votes (0)

KBRN, Nunukan: Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Nunukan, Rabu (11/10/2017),  menggelar kegiatan Persemaian Nilai Budaya 2017 dengan tema "Media Inspiratif Memperkuat Kebangsaan". Acara yang diselenggarakan di Gedung Olah Raga (GOR) Dwikora Sei. Sembilan dikuti 750 orang pelajar tingkat SD hingga SMA/sederajat dan 750 orang guru di Kab. Nunukan. Acara Persemaian Nilai Budaya tersebut dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama di mulai pagi hari dikhususkan untuk pelajar, sedangkan pada sesi berikutnya diperuntukkan untuk guru-guru di Kab. Nunukan pada siang harinya.

Kasubdit Internalisasi Nilai Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edy Suardi  saat di komfirmasi RRI mengatakan, kegiatan tersebut salah upaya untuk menanamkan nilai nilai budaya bangsa di kalangan generasi muda dan masyarakat umum untuk lebih mengenal dan menjadikan budaya indonesia sebagai  jati dirinya

“Sebenarnya ini bertujuan sebagai penguatan pendidikan karakter melalui media inspiratif, yang dilaksanakan dalam pemutaran film inspiratif. Tentu program dengan media film ini memberikan inspirasi kepada para Siswa Guru/Tenaga Pendidik dan pemangku kepentingan pendidik, demi terbentuknya karakter positif manusia Indonesia yang seutuhnya, apalagi di Nunukan ini wilayah perbatasan perlu penguatan Nasionalisme,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Nunukan, Jaya Martom mendukung penuh dan berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas kegiatan tersebut yang di laksanakan sebagai hadiah Hari Ulang Tahun (HUT) Kab. Nunukan yang jatuh pada esok hari, Kamis 12 Oktober 2017.

"Semoga media inspiratif ini dapat memberi nilai positif dan menambah rasa cinta Indonesia, serta menumbuhkan nilai-nilai ketimuran negara kita yang sopan dan ramah, " ungkap H. Jaya Martom.


Hal senada juga di sampaikan Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid saat membuka resmi acara Persemaian Nilai Budaya, bahwa penguatan pendidikan karakter memiliki pesan sangat positif, baik bagi para pengajar atau para pelajar yang terlibat dalam Persemaian Nilai Budaya 2017. Asmin Laura berharap acara Persemaian Nilai Budaya dapat menginspirasi dan memotivasi para siswa dan guru yang hadir dengan memetik nilai-nilai yang terdapat pada film tersebut.


"Untuk itu saya sampaikan kepada para guru dan siswa agar dapat mengikuti acara ini dari awal hingga berakhir, dan pergunakan kesempatan dalam dialog nanti untuk bertukar pengetahuan dengan para narasumber yang berkompeten," tutupnya.

Dari pantauan RRI di lapangan acara yang bertujuan sebagai penguatan pendidikan karakter melalui media inspiratif, dilaksanakan dalam pemutaran film inspiratif dan di lanjutkan dengan dialog interaktif mengenai karakter bangsa. (Rusdi M/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00