• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Aceh Amankan 109 Unit Kendaraan Hasil Curanmor

12 October
19:24 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Sebanyak 109 unit kendaraan bermotor berhasil diamankan oleh pihak kepolisian dalam kasus curanmor di wilayah hukum Polda Aceh. Tidak hanya itu, Polda Aceh beserta jajaran juga berhasil mengungkap sindikat curanmor dengan mengamankan sebanyak 66 orang tersangka.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Aceh Komisaris Besar Polisi Sumarso dalam keterangan pers di Banda Aceh, Rabu (11/10/2017) di Mapolda Aceh mengatakan, kendaraan hasil curanmor ini diamankan petugas selama operasi sikat rencong tahun 2017 yang digelar selama 20 hari sejak tanggal 14 September lalu.

“Ada dua tersangka yang berhasil ditangkap oleh Polda Aceh. Dan ada puluhan tersangka lain yang diamankan oleh Polres se-Aceh. Ada beberapa tersangka lain yang kini masuk dalam DPO. Meskipun operasi sikat sudah berakhir, namun kita tetap memburu pelaku tersebut,” kata Sumarso.

Adapun jumlah kendaraan yang diamankan diantaranya 106 unit sepeda motor dalam berbagai merk, dan tiga unit kendaraan roda empat.

Sumarso menjelaskan, modus pelaku saat mencuri kendaraan  dengan memanfaatkan situasi dan menunggu korban lengah. Biasanya kasus curanmor terjadi saat korban tertinggal kunci dikendaraanya.

“Ada juga yang menggunakan kunci ganda atau kunci T. rata-rata pelaku melakukan pencurian kendaraan bermotor di rumah-rumah, tempat parkir, di depan ruko dan di café-café,” ujarnya.  

Kini kendaraan yang diamankan polisi tersebut akan diekpos ke media nomor rangka dan nomor mesin agar masyarakat yang merasa kehilangan dapat mengambilnya dengan membawa STNK dan BPKB.

“Kepada masyarakat kita imbau untuk memasang kunci ganda pada kendaraanya agar mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor,” pungkasnya.

Para tersangka dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara. (Mj/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00