• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Deklarasi Damai Calon Kuwu Sambut Pemilihan Kepala Desa Serentak di Cirebon

12 October
21:07 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon : Sebanyak 329 calon Kuwu atau calon Kepala Desa se Kabupaten Cirebon, Kamis (12/10/2017) melakukan Deklarasi Damai dalam rangka Pemilihan Kepala Desa/Kuwu yang akan digelar serentak 29 Oktober mendatang.

Para calon Kuwu berasal dari 101 desa di 40 kecamatan se Kabupaten Cirebon melakukan ikrar damai di Gedung Yadika setempat.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra usai menghadiri kegiatan itu mengatakan, deklarasi damai bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada calon kuwu bahwa dalam sebuah proses pemilihan kuwu ada yang menang dan kalah.

“Yang paling utama diantara para calon Kuwu harus saling menghormati dan menghargai serta saling menjaga situasi kondusif, karena dalam Pilwu pasti ada menang dan kalah,” tegas bupati. 

Sementara menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Cirebon, Memet Surachmat, setelah deklarasi, tahapan berikutnya berupa penyerahan visi misi calon, dilanjutkan sosialasasi tanda gambar, penetapan hak pilih tambahan dan tetap, masa tenang dan pencopotan gambar.

Menurutnya, guna menyukseskan Pilwu telah dibentuk 3 tim yaitu tim fasilitasi dibawah tanggung jawab DPMD, tim Pengamanan dibawah Dinas Ketentraman dan Ketertiban serta tim pengawasan menjadi tanggungjawab Kesbangpol Kabupaten Cirebon.

“Pada tahun 2015 , Kabupaten Cirebon telah melaksanakan pilwu serentak di 124 desa berlangsung sukses aman dan kondusif. Semoga untuk 2017 ini juga berjalan lancar sukses dan aman,” pungkasnya. (Yulianti/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00