• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Belasan Rumah di Banyumas Rusak Tertimpa Pohon

13 October
06:18 2017
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Sedikitnya sebelas rumah di Banyumas mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon. Kejadian ini diawali dengan hujan deras, disertai petir dan angin yang terjadi Kamis (12/10/2017) malam, dan mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Komandan Tagana Banyumas Heriana Adi Chandra mengatakan peristiwa pertama terjadi di Desa Singasari Kecamatan Karanglewas. Pohon Albasia setinggi 10 meter di depan Balai Benih Ikan Singasari tumbang melintang jalan. Menyebabkan akses jalan alternatif dari Singsari menuju Babakan dan Gununglurah tidak dapat di lewati. 

Selain itu di Desa yang sama, pohon tumbang menimpa rumah  Dodo warga RT 03 RW 06, sehingga atap rumah hancur. 

Selanjutnya pohon jenis Sengon menimpa rumah Jamhari warga RT 01 RW 05 mengakibatkan bagian atap patah. Dampaknya, untuk sementara Jamhari berserta keluarga mengungsi ke rumah saudaranya. 

Hampir bersamaan, peristiwa serupa terjadi di Desa Babakan Grumbul Pengempon rumah Asmuni RT 01 RW 10 juga tertimpa pohon sengon. Di Desa Sunyalangu Grumbul Walangsanga, rumah Slamet RT 01 RW 02 juga tertimpa pohon namun segera dapat diatasi oleh warga masyarakat sekitar.

Heriana Adi mengungkapkan, kejadian angin kencang yang berdampak kerusakan rumah terjadi di Kecamatan Cilongok. Di Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok terdapat empat unit rumah yang tertimpa Pohon kelapa, sehingga Tim dibagi menjadi dua agar efektivitas pergerakan Relawan dalam penanganan bencana angin kencan lebih maksimal. 

Di Desa Karangkemiri pohon duren diameter 50 cm tinggi 15 meter tumbang menimpa 2 (dua) buah rumah atas nama  Naswan (55 th) alamat Grumbul Tumanggal Lor RT 02 RW 03, yang mengakibatkan atap kamar tidur rusak, ruang tengah dan dapur namun masih bisa ditempati. Kedua Ibu Sidem (63 th) warga RT 01 RW 06. Sampai dengan saat ini pohon duren belum bisa ditangani karena situasi malam hari. 

Kejadian serupa, sebanyak tiga buah pohon kelapa juga tumbang menimpa rumah Martawiradji (67 th) warga Grumbul Karangsalam RT 01 RW 06 Desa Karangkemiri Kecamatan Karanglewas. Dampaknya rumah milik Martawiradji rusak berat.

"Wilayah Langgongsari Kecamatan Cilongok juga terdapat beberapa pohon tumbang melintang jalan, namun segera dapat diatasi oleh warga masyarakat dibantu oleh Tagana Kabupaten Banyumas," kata Heriana di lokasi bencana.

Dimungkinkan sampai Jumat (13/10/2017) pagi, masih ada sejumlah rumah yang tertimpa pohon, namun belum terdata. Sehingga Jumat ini, Tagana, BPBD, Pramuka Peduli, TNI dan Polri, selain melakukan pendataan juga melakukan pembersihan lokasi yang tertimpa pohon tumbang. (RA/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00