• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dua Personil Satgas Yonif 310 Diperbantukan Jadi Guru Sementara di Perbatasan RI - PNG

13 October
07:22 2017
0 Votes (0)

KBRN, Boven Digoel : Situasi dan kondisi wilayah yang sangat sulit dijangkau serta terbatasanya tenaga pengajar khusus di wilayah pedalaman papua, membuat Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang ditugaskan di wilayah sektor tengah Merauke Boven Digoel Yonif 310 Kidang Kencana, menempatkan dua personilnya sebagai tenaga pengajar untuk tingkat dasar.

Komandan Satgas Yonif 310 Kidang Kencana Letkol Infantri Cecep Kurniawan menjelaskan, bantuan dua tenaga pengajar yang dilakukan satuannya ini, membantu anak - anak di perbatasan agar tidak ketinggalan pelajaran, lebih khusus pada masalah pengenalan aksara dan angka serta Bahasa Inggris bagi tingkat SLTP.

"Kami hadir disini, tidak sekedar untuk mengamankan tapal batas, namun kami juga membantu kebutuhan yang paling mendasar diperlukan masyarakat perbatasan, ya salah satunya seperti ini, menempatkan anggota saya di tingkat SD dan SLTP," ujarnya pada RRI, Jum'at (13/10/2017).

Di tempat yang sama, salah satu tenaga pengajar Satgas 310 Kidang Kencana Japar Alsidik menjelaskan, tugas yang diberikan pimpinannya akan dijalankanya sesuai dengan kemampuan yang Ia miliki demi mencerdaskan anak bangsa di Tapal batas.

"Saya bangga walaupun saya seorang Prajurit TNI, namun dipercayakan menjadi guru menjadi sesuatu yang luar biasa dan juga ini merupakan tugas mulia untuk mencerdaskan anak bangsa yang ada di perbatasan. Karena itu amanah ini akan kami laksanakan untuk mencerdaskan adik- adik kami di tapal batas," tuturnya.

Ia juga minta pada Pemerintah Daerah, Propinsi maupun Pusat dapat melihat kondisi yang sesungguhnya terjadi di perbatasan darat RI- PNG khususnya wilayah Boven Digoel, agar pengerjaan infrastruktur jalan jembatan serta bantuan sarana prasaran pendidikan di daerah ini diperhatikan dengan baik, mengingat hingga kini khususnya di Boven Digoel Pembangunan itu sepenuhnya belum berjalan maksimal. (YS/DS) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00