• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sudut Istana

Jokowi : BBM Satu Harga Di Papua, Ini Keadilan Sosial Untuk Rakyat

16 November
04:24 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Masyarakat di Papua terutama Wamena dan sekitarnya, menikmati harga bahan bakar minyak (BBM) seperti yang dijual pulau Jawa. Keinginan masyarakat Papua untuk menikmati satu harga untuk BBM, tidak terlepas dari komitmen Presiden Joko Widodo.

Dihadapan kader Partai NasDem, Presiden Jokowi bercerita. Tiga tahun lalu, masyarakat Wamena termasuk di Pegunungan Tengah, harga bensin Rp60 ribu per liter bahkan kalau cuaca buruk, harga melambung hingga Rp 100 ribu per liter. Padahal saat bersamaan, harga bensin di Pulau Jawa hanya Rp 6.450 per liter.

“Saat itu saya perintahkan kepada menteri, saya mau bensin di sini (Wamena) harganya sama dengan di Jawa. Saya tunggu. Saya pengennya cepat tetapi ternyata 1,5  tahun terealisasi. Itu pun kita syukuri harga bensi di Wamena dan sekitar Pegunungan Tengah sama seperti yang dinikmati di Pulau Jawa,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya dalam acara HUT ke 6 dan Rekernas IV Partai Nasdem, di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Presiden Jokowi menyinggung reaksi masyarakat di Pulau Jawa yang protes jika pemerintah menaikan harga BBM padahal bertahun-tahun masyarakat di Papua harus membeli BBM dengan harga tinggi namun tidak pernah protes.

“Bayangkan di Jawa kalau naik Rp 500 perak, demo 4 bulan. Disini naik Rp 1.000 perak demo 6 bulan. Saudara kita di Wamena di Pegunungan Tengah harga Rp 60 ribu per liter, diam bertahun-tahun. Itulah yang dinamakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kita sering tidak memiliki perasaan seperti itu. Dulu subsidi BBM lebih dari Rp 300 triliun dan harga disana Rp 60 ribu. Ini subsidi saya hitung Rp 800 miliar dan nyatanya sama harganya,”tegas Presiden Jokowi. (Sgd/Pradipta/ARN)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00