• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Cirebon Guru Besarnya Silaturahim Budaya

16 November
21:18 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon : Cirebon merupakan guru besarnya silaturahim budaya, karena daerahnya banyak memiliki sejumlah bangunan dan ornament simbol-simbol budaya dari perpaduan Islam, Hindu, serta budaya lokal, Asia dan Eropa.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Karakter Dan Peneguhan Jati Diri Masyarakat Melalui Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan, Staf Ahli Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Cirebon Abidin menyampaikan, silaturtahim budaya Cirebon sangat luar biasa dan semua kebudayaan Cirebon memiliki nilai-nilai filosofis. 

“Budaya merupakan kekayaan Cirebon yang paling utama, karena Cirebon dibangun atas sendi-sendi budaya dan kalau sudah budaya maka silaturahim,” ungkapnya didepan peserta Rakor yang berlangsung di sebuah Hotel di Cirebon, Kamis (16/11/2017).

Meski memiliki kekayaan budaya, namun Abidin sangat menyayangkan, visi misi Kota Cirebon RAMAH - Religius, Aman, Maju, Aspiratif dan Hijau, tidak mencantumkan unsur budaya sama sekali.

“Sangat disayangkan, oang Cirebon sendiri terkadang tidak tahu jati dirinya, sehingga pendekatan apapun di luar budaya, baik politik maupun ekonomi dan lain sebagainya, saat ini gagal,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Asisten Deputi Nilai Dan Kreatifitas Budaya Kementrian Koordinator  Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ir Iwan EKa Setiawan MSc juga menandaskan, antara pemerintah Pusat dan Daerah harus bersinergi mengembangkan objek-objek pemajuan kebudayaan untuk membangun karakter bangsa, sesuai dengan Undang-undang nomor lima tahun 2017.

“Perlu sinergitas antara pusat dan daerah, sehingga pemajuan budaya tetap terjaga dalam membangun karakter bangsa,” tandasnya.

Rakor sehari itu, terselenggara atas kerjasama Kementrian Koordinator  Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kota Cirebon. Para peserta terdiri unsur seniman, budayawan unsur Dinas Instansi. (Cece/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00