• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

KKN UGM di Bangka Dorong Pemberdayaan UMKM dengan 'JeliFest'

20 November
18:35 2017
3 Votes (3)

KBRN, Sungailiat; Mahasiswa KKN UGM menggaet UMKM di Bangka menggelar Expo di Kelurahan Jelitik dalam tajuk JeliFest (Jelitik Festival) selain pentas seni budaya dan kearifan lokal lainnya. Jelitik Festival itu  dilaksanakan sesuai dengan visi misi program strategis Pemkab Bangka, 

"Kita bantu pemerintah dan kita gali serta explore apa yang bisa diberdayakan di Jelitik ini melalui UMKM dan ekonomi kreatif juga, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan berlangsung 25 Nopember 2017" kata Iqbal, peserta KKN PPM UGM, senin (20/11/2017). 

Lebih lanjut Iqbal mengatakan, posisi Jelitik yang dekat dengan kota Sungailiat dan juga dekat dengan destinasi wisata, membuat masyarakatnya harus gerak cepat untuk dapat terlibat langsung dalam mengembangkan dan menumbuhkan peluang ekonomi kreatif di Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat.

"Sangat strategis tempatnya, dan menjadi akses utama untuk mereka yang ke pantai dan lainnya, jadi harus ada yang bisa diandalkan baik dari produk maupun lainnya, jadi penyanggalah, sehingga orang bisa tertarik dan menjadi buah tangan," katanya.

Dengan Jelitik Festival ini, Iqbal berharap ini merupakan langkah bagus untuk masyarakat untuk lebih bisa menangkap peluang bisnis dan bisa menjadikan usaha yang sangat menguntungkan dalam mendukung ekonomi daerah dan menyonsong Kabupaten Bangka sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

"UMKM harus bisa menangkap peluang tersebut, dan kita sebagai mahasiswa juga mulai membina dan membantuk masyarakat dengan pemberdayaan apa yang menjadi andalan di Kelurahan Jelitik ini," katanya.

Selain pameran UMKM dan pentas seni, dalam Jelitik Festival juga akan dilakukan servis sepeda motor sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk di Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat KKN mahasiswa UGM mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pergerakan UMKM dan Ekonomi Kreatif. Menyonsong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Bangka.

"Kita siap membantu masyarakat dan pemerintah, semoga tanggal 25 Nopember nanti, andil dan keaktifan masyarakat bisa besar nantinya, silahkan datang ke lapangan RT 4 Rambak, dari pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai," ajak Iqbal. (Lutfi/LG/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00