• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

12 Jam Intensitas Kegempaan Gunung Agung Menurun

22 November
12:49 2017
1 Votes (5)

KBRN, Karangasem: Intesitas kegempaan Gunung Agung mengalami penurunan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat itu khususnya pasca erupsi freatik yang terjadi Selasa (21/11/2017) pada Pukul 17.05 WITA.

Kepala Bidang Mitigasi PVMBG, I Gede Suantika kepada wartawan di Pos Pantau Gunungapi Agung, Rabu (22/11/2017) mengaku terjadi penurunan intensitas kegempaan dalam 12 jam terakhir

"Dua belas jam terakhir jam 00.00 sampai jam 12.00 hari ini masih berkisar vulkaniknya itu kurang dari sepuluh," ungkapnya.

Meski demikian Gede mengemukakan, angka kegempaan bukan jaminan terhadap pergerakan vulkanik Gunung Agung. Terlebih gempa terbagi kedalam berbagai klasifikasi, salah satunya yang berpotensi membuka sekaligus mematahkan batuan diatas permukaan gunung.

"Jadi kegempaan itu banyak sekali di gempa itu, ada gempa yang sifatnya membuka, mematahkan batuan. Ada gempa yang mewakili aliran itu aliran dari gas-gas tadi itu. Jadi gempa itu tanda ya, tanda bahwa kalau gempa ini terjadi, terjadi patahan, kalau gempa yang tremor terjadi, terjadi aliran, itu. Kemudian aliran apa, aliran gas umpamanya. Ya sudah kalau dia sampai permukaan, ya sudah meletus ya, Ya ada juga gempa letusan itu," jelasnya. 

Gede Suantika menambahkan, ada beberapa gempa yang memicu letusan Gunung Agung. Gempa itu diantaranya tektonik, vulkanik dalam, dan vulkanik dangkal. (HRO/Foto:KBRN/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00