• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Festival Nusa Penida Tahun Ini Dirancang Tidak Glamor

6 December
15:31 2017
2 Votes (0)

KBRN, Klungkung : Nusa Penida Festival tahun 2017 mengedepankan semangat melestarikan budaya, dan menjaga lingkungan, sehingga tidak ada kesan glamor di tengah bencana letusan Gunung Agung yang dihadapi masyarakat Bali saat ini.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta di sela-sela pembukaan Nusa Penida Festival, Rabu (6/12/2017) menegaskan, tahun ini pemerintah Kabupaten Klungkung sengaja menghilangkan kesan glamor dengan tidak mengundang artis Nasional. Hal itu sebagai bentuk keprihatinan terhadap musibah erupsi Gunung Agung yang tengah dihadapi masyarakat Bali saat ini.

Melalui Nusa Penida Festival, Bupati Nyoman Suwirta mengajak masyarakat mulat sarira, instrospeksi diri menjaga kebudayaan dan alam Bali.

“Kita tidak bisa melupakan dan mengabaikan situasi keprihatinan masyarakat, makanya Nusa Penida Festival tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang ada artis nasional dan sedikit glamor. Sekarang kita lebih menonjolkan kebudayaan, diskusi bagaimana kita menjaga alam, lingkungan dan potensi yang kita miliki agar benar-benar terawatt dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Putu Ngurah meminta awak media dalam mengemas pemberitaan terkait erupsi Gunung Agung jangan berlebihan. Pemberitaan yang bombastis justru akan meresahkan wisatawan datang ke Bali, sementara masih banyak destinasi wisata Bali yang masih aman untuk dikunjungi diantaranya wilayah Nusa Penida Klungkung.

“Saya minta tolong kepada teman-teman media, jangan biarkan bangsa ini ada kendala karena sesuatu. Tolonglah masih ada banyak tempat-tempat indah, ada nature, culture, daerah lainnya mungkin tidak punya, tetapi kita punya,” tegasnya.

Nusa Penida Festival 2017 dimeriahkan dengan atraksi 1.500 penari yang menarikan Tarian Rejang Dewa. Festival Nusa Penida tersebut akan berlangsung hingga 9 Desember mendatang, dengan sejumlah acara lainnya seperti lomba-lomba permainan tradisional Bali, Bersih-bersih lingkungan, serta Yoga massal. (NPN/WDA)

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Waddi Armi

    Redaktur Puspem 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00