• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Payakumbuh Botuang Festival 2017, Ajang Pelestarian Seni-Budaya Tradisional

6 December
20:28 2017
1 Votes (0)

KBRN, Padang : Payakumbuh Botuang Festival 2017 yang digelar dari tanggal 26 November hingga 2 Desember 2017 lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Tidak saja masyarakat Kota Payakumbuh, bahkan masyarakat luar Sumatera Barat juga memberikan apresiasi  kepada Pemerintah setempat. Selain itu, perputaran roda perekonomian masyarakat di sekitar lokasi semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat, Muasri di ruang kerjanya, Rabu (6/12/2017), terkait dengan evaluasi dari kegiatan Payakumbuh Botuang Festival 2017 yang telah sukses dilaksanakan di Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu.

Lebih lanjut, Muasri berharap setiap kabupaten/kota harus dapat melestarikan, mempertahankan serta menumbungkembangkan kembali kelompok-kelompok kesenian yang ada, sehingga seni-budaya yang ada tidak mudah hilang oleh kemajuan zaman, dan para generasi muda akan lebih mengetahui tentang seni budaya yang dimilikinya.

“Ya, kita berharap masing-masing kabupaten/kota untuk dapat mengikuti dari apa yang telah dilaksanakan dalam kegiatan Payakumbuh Botoang Festival 2017 ini. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengangkat daerah untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Melalui Festival ini potensi-potensi serta cirri khas dari daerah tersebut akan terangkat lebih luas,” ujar Muasri.

Ia menjelaskan, Payakumbuh Botuang Festival 2017 yang diresmikan oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz tersebut dirangkai dengan berbagai agenda kegiatan, seperti Festival Kuliner yang digelar di Kompleks Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Kota Payakumbuh, Payakumbuh Street Festival dengan menampilkan kreatifitas komunitas generasi muda di Gelanggang Kubu Gadang Kota Payakumbuh , Payakumbuh Fest dengan menampilkan Musik dan Listerasi di Jembatan Ratapan Ibu Payakumbuh, dan Botuang Festival dengan menampilkan beberapa kelompol music diantaranya Orkestra Minangapentagong dari Padang Panjang, Lapaloma dari Payakumbuh, Sosiawan Leak dari Solo, Taufik Adam dari Jakarta, Riau Rhytm Chambers Indonesia dari Pekanbaru, Samba Sunda Bandung dan Citra Scholastika artis top nasional. (AR/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00