• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Asap Kawah Gunung Agung Kembali Berwarna Kelabu Setinggi 2.200 Meter

7 December
15:58 2017
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar : Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem dengan jarak 65 Km dari Kota Denpasar masih beraktivitas tinggi ditandai dengan keluarnya asap kawah bertekanan sedang berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1.000-2.200 meter diatas puncak kawah. 

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Gede Suantika kepada RRI, Kamis (7/12/2017)  menjelaskan, hal ini menandakan aliran lava masih terjadi dikawah gunung agung.

"Abu yang teramati dikolom asap tersebut menunjukkan volume aliran lava ke kawah Gunung Agung lebih banyak dibanding hari sebelumnya," ucapnya. 

Gede Suantika mengatakan, erupsi efusif berupa aliran lava dari kawah Gunung Agung juga masih terjadi sampai saat ini. Selain itu gempa hembusan dari pukul 06.00-12.00 Wita terdeteksi terjadi 7 kali, gempa low frekwensi sebanyak 15 kali dan gempa vulkanik dalam satu kali, tremor menerus atau microtremor  masih terus terjadi .

Dikatakan, meskipun asap bercampur abu kembali muncul di kawah Gunung Agung, Gede Suantika meminta masyarakat tetap tenang tapi tetap waspada. 

"Wilayah yang berada diradius 8-10 kilometer sesuai rekomendasi PVMBG agar dikosongkan dari aktivitas masyarakat," ujarnya. (NNK/AA/WDA)

  • Tentang Penulis

    Nyoman Kasih

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Waddi Armi

    Redaktur Puspem 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00