• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemko Bukittinggi Serahkan 'Reward' atas Penghargaan Adipura dan Adiwiyata

7 December
19:02 2017
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Pemerintah Kota Bukittinggi, Kamis (7/12/2017) menyerahkan reward atas penghargaan Adipura dan Adiwiyata yang diraih Kota Bukittinggi tahun 2017, yang diserahkan di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Supadria mengatakan, diraihnya Adipura tidak terlepas dari peran petugas lapangan atau pasukan kuning yang selalu siap menjaga kebersihan kota, begitu juga penghargaan Adiwiyata yang merupakan peran dari pihak sekolah bersama siswa, yang sukses menjalankan program sekolah hijau. 

“Jumlah penerima reward Adipura sebanyak 247 orang, terdiri dari 221 petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan 26 orang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Sementara itu penerima reward Adiwiyata ada dua sekolah, yakni SD Negeri 02 Percontohan dan SMA Negeri 1 Bukittinggi.

Supadria mewakili pasukan kuning mengucapkan terima kasih pada jajaran Pimpinan Pemko Bukittnggi, atas perhatian menjaga kebersihan. Dinas Lingkungan Hidup selalu komit menjaga  kebersihan kota, sehingga kedepan penghargaan ini dapat dipertahankan pada tahun selanjutnya,” ujar Supadria.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias menuturkan, sebagai kota pariwisata, kebersihan merupakan faktor yang utama, dan prestasi memperoleh penghargaan Adipura serta Adiwiyata tidak terlepas dengan optimalnya kebersihan, baik itu sarana dan prasarana di dalam kota maupun sekolah.

“Petugas kebersihan memiliki peran yang tidak tergantikan dalam menjaga kebersihan kota, sehingga berujung pada prestasi Adipura. Termasuk dari sekolah yang dapat menjaga lingkungan dan berhasil meraih Adiwiyata,” ulasnya. 

Menurut M. Ramlan Nurmatias, sebagai bentuk rasa terima kasih Pemko Bukittinggi memberikan balas jasa pada pasukan kuning yang berperan dalam perolehan Adipura berupa bonus Rp1 juta per orang. Sedangkan untuk peraih  Adiwiyata mendapat bonus Rp4 juta per sekolah.

“Disamping itu tahun depan kantor Dinas Lingkungan Hidup akan membangun Kantor dengan anggaran Rp13 miliar. Selain itu tahun depan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM),  untuk melaksanakan penilaian terhadap pasukan kuning,” terangnya.

Kedepan sambung M. Ramlan Nurmatias, Pemko Bukittinggi akan memberikan reward yang lebih besar untuk petugas yang terbaik. Dijatahkan tiga orang pasukan kuning untuk pergi umrah, dan ini sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka menjaga kebersihan kota. (YPA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00