• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Limbah Medis Dibuang Secara Asal di Bantaran Sungai Panguragan Cirebon

7 December
19:34 2017
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon : Tumpukan Karung plastik besar berwarna putih dengan berat berton - ton yang berisikan limbah Medis kesehatan yang merupakan salah satu jenis bahan berbahaya dan beracun (B3) dibuang secara sembarang di tempat pembuangan sampah sementara Desa Panguragan Wetan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Limbah medis tersebut dibuang bersamaan dengan sampah rumah tangga lainnya yang dibuang di daerah tersebut. 

Yang miris lokasi pembuangan tersebut di pinggiran sungai yang tentunya sangat berbahaya jika air sungai tersebut bercampur dengan Limbah Medis yang dibuang. Bahkan Lokasi pembuangan limbah medis dan sampah Rumah tangga tersebut banyak dilalui warga karena merupakan jalan alternatif utama dari wilayah Klangenan menuju Panguragan dan sebaliknya.

Dari Limbah medis yang dibuang adalah jarum suntik, tabung suntik, vaksin, tabung sampel darah yang masih ada bekas darah dan ada pula tabung darahnya yang pecah, ratusan plastik bekas jarum infus, tali jarum infus hingga satu vaksin dengan catatan penyakit Hepatitis B.

Kirno warga suranenggalan Kabupaten Cirebon yang biasa melalui lokasi tersebut kepada RRI Pada Kamis (07/12/2017) mengaku kecewa akan oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuang Limbah medis se enaknya di pingggiran sungai.

"Ya, saya sebagai warga marah dan kecewa mas, itu asal buang saja di pinggir jalan emangnya ini tempat sampah, ini harus ditindak cepat, Pak Bupati harus turun tangan," ujar Kirno. 

Hal serupa juga diungkapkan Cecep warga setempat yang menuturkan bahwa Lokasi tersebut memang sudah menjadi langgaanan tempat pembuangan sampah dan yang miris saat ini limbah medis juga diuang disitu. " Saya tidak habis pikir itu kan limbah medis mas, ya jijik dan takut apalagi itu deket sungai di sempadan sungai, ini harus ditindak " Tutur Cecep.(AZI/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00