• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Ratusan Preman di Kabupaten Malang Terjaring Jelang Natal dan Tahun Baru

9 December
17:28 2017
127 Votes (0.1)

KBRN, Malang: Jajaran Polres Malang berhasil menjaring puluhan preman dalam operasi preman yang dilakukan oleh 30 Polsek jajaran menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 untuk meningkatkan keamanan di wilayah hukum Polres Malang. Operasi preman dilakukan dengan sasaran perempatan lampu merah, tempat hiburan malam dan juga losmen.

Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah mengatakan, 165 preman terjaring dalam operasi tersebut. Mayoritas yang terjaring adalah anak jalanan, pengamen dan preman lainnya. Tampak ada tiga perempuan yang terciduk razia tersebut. 

"Operasi preman itu dilakukan untuk menghadapi Operasi Lilin 2017," ungkap Wakapolres Malang, Sabtu (9/12/2017) siang.

Ia menjelaskan, rencananya Operasi Lilin akan digelar mulai tanggal 11 hingga 20 Desember 2017. Lanjut Decky, sasarannya curas, curat dan curanmor. Selain itu, juga ada tiga kategori perhatian yakni, narkoba, senjata tajam dan bahan peledak. 

"Merupakan perintah Kapolri (Jenderal Polisi Tito Karnavian), bagaimana pelaksanaan tahun baru berjalan lancar," terangnya.

Decky menjelaskan, tidak semua preman yang terjaring dalam operasi itu diproses secara hukum. Kata dia, ada yang dibina, ada juga yang ditipiring, tergantung jenis perbuatannya. Ditegaskan, pengamen juga bisa diberikan sanksi hukum, jika melakukan aktivitas tersebut dengan memaksa dan lebih dari dua orang.

"Ada itu dalam KUHP," tukas Decky.

Ditambahkan, kegiatan itu akan dilakukan secara terus menerus hingga akhir tahun baru.

"Harapannya, yang terjaring tidak membuat masyarakat takut," tambahnya. (SP/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00