• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pembangunan LRT harus Tetap Diselesaikan, karena Salah Satu Solusi Kemacetan Jabodetabek

13 December
11:29 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Jabodetabek merupakan salah satu cara untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta. Karenanya, pembangunan LRT jangan sampai tersendat, pemerintah harus menuntaskan pembangunan LRT.
 

"LRT merupakan prasarana massal yang memerlukan dana yang sangat besar dan mahal. Karenanya, pembangunan LRT tidak bisa hanya ditanggung oleh pemerintah semata. Selain BUMN, pendanaan perlu juga di support oleh kawasan atau pengembang perumahan yang merasa diuntungkan dengan adanya kehadiran LRT," kata Komisi V DPR RI Fraksi PDIP, Nusirwan Soedjono saat jumpa pers  bersama Mentri Perhubungan dan  Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia,  Danang Parikesit, di Jakarta Rabu, (13/12/2017). 

Menurut Nusirwan, selama tiang-tiang beton terus dibangun, maka pihaknya yakin bahwa proyek LRT tidak akan berhenti. Ini karena, pemerintah sangat serius membangun LRT, walau pembangunan transportasi massal ini memerlukan dana yang sangat mahal. Namun, sumber pembiayaan dari pemerintah ,seperti dari APBN harus tetap dilakukan, meski tidak seluruhnya. Hal ini, katanya, untuk menjaga aspek ke ekonomian agar tarif LRT dapat terjangkau oleh masyarakat. Selain itu,  perlu adanya support dari BUMN dan dari para pengembang perumahan yang merasa diuntungkan dengan adanya LRT. Sebab, perumahan yang dekat dengan LRT akan menaikkan harga jual rumah. 

Senada dengan Nusirwan, Menteri Perhubungan Budi Karya juga menegaskan bahwa LRT adalah salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan di Jakarta. Sebab, LRT Jabodetabek bisa mengangkut sebanyak 430 juta penumpang/tahun. "Ke depan pilihan Jakarta untuk mengatasi kemacetan adalah dengan menggunakan transportasi massal. Pemerintah harus konsisten dalam melakukan pembangunan angkutan massal secara bertahap. Sehingga pada tahun 2025 diharapkan sudah bisa tercapai prasarana massal yang lengkap,"kata Budi Karya.

Ditempat yang sama pemerhati transportasi Danang Parikesit mengatakan, pemerintah juga harus memikirkan konektivitas LRT agar bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan menggunakan LRT. Para pengguna yang bekerja di gedung-gedung bisa dengan mudah menggunakan LRT, misalnya dengan tersedianya lift atau moda transportasi menuju LRT. "Jadi ini juga merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah agar bisa terkoneksi dengan gedung-gedung bertingkat dan angkutan umum lainnya,"katanya.

Nusirwan menambahkan bahwa konektivitas adalah menjadi hal yang utama yang harus disediakan. Saat ini, bukan lagi waktunya untuk bereksperimen dengan sisa pembiayaan. Akan tetapi, harus konsentrasi pada persiapan operasi LRT. "Kemudahan-kemudahan masyarakat untuk mencapai LRT harus diperhatikan agar bisa memberikan kemudahan masyarakat,"tegas Nusirwan.(Dayanti/ARN/WDA) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00