• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Presiden Jokowi Dinobatkan Menjadi Maneleo Nusak Rote oleh Bupati Rote Ndao selaku Maneleo Inahuk

9 January
08:14 2018
12 Votes (4.7)

KBRN, Kupang : Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dikukuhkan menjadi “Maneleo Nusak Rote” oleh Bupati dan Tokoh Adat Rote Ndao. Pengukuhan ini dilakukan saat kunjungan pertama kalinya Presiden ke Pulau terselatan NKRI yakni Rote.

Pengukuhan ini merupakan tradisi dan adat masyarakat di Pulau Rote kepada seseorang dan mendapat jabatan adat tertinggi “Maneleo Nusak Lote” di Pulau Rote.  Ketua Forum Adat Lobalain selaku Sekertaris Umum Forum Adat Rote Ndao Dance Ndun di Rote, Senin (08/01/2018) menobatkan hal tersebut saat Presiden R.I Jokowi bersama Ibu Negera Iriana Jokowi tiba di Pulau Rote.

Dance Ndun menjelaskan, jabatan Maneleo Nusak Lote yang dinobatkan kepada Presiden Joko Widodo merupakan penghargaan atas kunjungan Presiden ke Bumi Nusa Lote, Nusa Fuafuni atau Nusa Mansuek dan sekaligus jabatan sebagai Maneleo tertinggi di Rote Ndao.

“Maneleo merupakan sebuah predikat secara adat yang paling tinggi kepada seseorang di Pulau Rote. Maneleo itu hamper sama dengan seorang Raja atau lasim disebut Raja Nusak Rote. Jadi jabatan Nusak Lote merupakan jabatan tertinggi di Pulau Rote sebelum pulau tersebut menjadi sebuah Kabupaten terpisah dari Kabupaten Kupang saat itu,” ujar Dance Ndun di Rote.

Sebanyak 75 orang perwakilan Maneleo yang tersebar disemua Nusak, hadir dalam penyambutan kedatangan presiden Joko Widodo untuk pertamakali dan dalam sejarah perjalanan Bangsa, seorang dalam jabatan sebagai Presiden R.I dapat mengunjungi Pulau Rote dan bermalam di Pantai terindah di NTT yakni “Pantai Nemberala”.

Selain dinobatkan sebagai Maneleo, Presiden Jokowi juga diagendakan melakukan beberapak kegiatan di Pulau Rote pada, Selasa (09/01/2018) adalah menyerahkan kartu Indonesia Pintar dan menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat NTT.

Usai dua kegiatan ini, Presiden kembali ke Kota Kupang, melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Kupang yakni meresmikan pengisian air baru ke Bendungan Raknamo yang dibangun Pemerintah Pusat melalui Dana APBN sejak tahun 2014. (AT/HF) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00