• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Tips Kapan Ibu Hamil, Periksa dengan USG

10 January
21:19 2018
6 Votes (4.5)

KBRN, Banda Aceh : Kehamilan kadang begitu dinantikan seorang calon ibu dan keluarganya , sebaliknya kadang kehamilan sama sekali tidak diketahui hal ini sering terjadi pada kelompok ibu hamil yang telah mempunyai beberapa momongan.

Menjadi kendala bagi ibu yang tak mengingat hari pertama haid terakhir untuk menaksir kapan bayi lahir untuk persiapan menghadapi persalinannya. Juga menjadi kendala bila janin   adanya kelainan adanya kelainan bawaan atau cacat, tak diketahui oleh oleh karena tak pernah melakukan usg/ sonografi kehamilannya. 

Dr dr Mohd Andalas SpOG dari Klinik New Putroohang Simpang Surabaya. Banda Aceh Rabu (10/1/2018) menyampaaikan tips terkait periksa USG.Pemeriksaan USG sebenarnya  hanya sebagai alat periksa penunjang, karena sebenarnya seorang dokter telah dibekali pengetahuan  keluhan , tanda tanda kehamilan dan dengan pemeriksaan fisik serta alat reproduksi sehingga dia sudah memastikan kehamilan ibu.

Tapi di zaman now tidak sah jika seorang ibu hamil tidak di USG, karena itu pemeriksaan  harus dilakukan secara tepat dan benar. tulisan uji diharapkan bisa membantu  pengetahuan ibu hamil  terkait waktu tepat lakukan sonogragi atau USG,”ujarnya.

Menurut Andalas, pemeriksaan ultrasonografi (USG) sebaiknya dilakukan 2 minggu sampai 1 bulan seorang ibu tidak mendapat haid, walaupun telah melakukan test urin dengan hasil positif. perlu diingat test hamil positif artinya hamil positif secara lab, tetapi bisa diluar atau didalam lam kandungan. suatu test positif  belum tentu hamil bisa saja oleh reaksi silang pengaruh hormon terhadap alat test, sebaliknya  test ny negatif belum  tentu tidak hamil .

Pemeriksaan USG akan menjawab kekuatiran tersebut yang   bermaksud melihat apakah kehamilan terjadi di dalam atau di luar rahim dan untuk menentukan usia kehamilan seorang ibu serta taksiran persalinannya,”ungkap Andalas

Bagi ibu yang ingat jadwal haid dengan baik lebih baik melakukan USG diusia kehamilan 12-18 minggu karena direntang usia tersebut kita dapat mendeteksi adanya kelainan bawaan yang mayor, misal selubung saraf tulang belakang yqng gagal tertutup , tidak adanya tulang keras kepala dan beberapa kelainan organ lainnya. 

Periksa USG  dini ini sangat dianjurkan sebab selain bermanfaat untuk menentukan usia kehamilan seorang ibu juga dapat digunakan mendiagnosa kelainan bawaan dari  janin sehingga dapat diputuskan kebijakan terbaik terkait kehamilan tersebut jika dijumpai ada kelaiann bawaan.

Andalas mengatakan, jika USG dilakukan diusia kehamilan yang lanjut membuat keputusan terkait kelanjutan kehamilan menjadi sulit andaikan dijumpai adanya kelainan nan sebab janin telah besar. Pada beberapa kelainan bawaan tertentu bayi dapat hidup sampai beberapa minggu, sehingga dia punya hak hidup walau sesaat, dan bila dilahirkan punya berbagai macam risiko salah satunya pendarahan,”sebutnya.

Ia menambahkan, sangat disarankan ibu hamil melakukan usg pada dokter atau petugas profesional lainnya, sehingga harapan tambahan dari alat bantu USG bisa tercapai dengan baik. pemeriksaan USG lanjutan saat usia kehamilan 24-28 minggu dan usia kehamilan lanjut yakni diatas 37 minggu atau sesuai anjuran dr anda. Seorang ibu hamil sebaiknya  3 kali periksa hamil dengan USG tidak mesti setiap bulan,”pungkas Andalas.(SA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00