• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Dikeluarkan dari Pelatnas Panjat Tebing, Nadya Fokus Tatap PON 2020

12 January
13:09 2018
0 Votes (0)

KBRN, Denpasar: Pasca dikeluarkan dari Pelatnas, Atlet Panjat Tebing Bali Nadya Putri Virgita fokus mempersiapkan diri berlaga dalam Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Bali 2019 dan Pekan Olahraga Nasional 2020.

Dihubungi RRI pada Jumat, (12/1/2018), Nadya mengaku tidak tahu menahu bila namanya dikeluarkan sebagai atlet pelatnas. Dirinya hanya menerima surat pemberitahuan dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, bahwa tidak lagi dipanggil ke pelatnas.

“Nadya tidak tahu sih gimana-gimananya, cuma Nadya tidak dipanggil lagi, setelah beberapa lama ada surat datang bahwa nama Nadya dikeluarkan,” tuturnya.

Atlet Bali peraih emas PON 2016 itu mengatakan, meski dikeluarkan dari Pelatnas, hal tersebut diterima dengan lapang dada. Terlebih support yang diberikan sang suami  sangat tinggi. Suami Nadya, Temi Lasa yang dipanggil mengikuti Pelatnas memilih mengundurkan diri agar senasib dengan Nadya yang sama-sama tidak berlatih lagi di pelatnas.

“Suami saya juga mundur karena saya. Dia yang dipilih tetapi karena istrinya tidak terpilih lebih baik berdua bersama saya, jadi dia mundur juga karena Nadya dikeluarkan,” ujarnya.

Nadya Putri Virgita mengakui, selama latihan di pelatnas kurang cocok terhadap program pelatihan yang dijalani, terlebih kondisi fisik yang rentan sakit bila di forsir latihan.

“Mungkin karena kebiasaan latihan di Bali itu Nadya jarang latihan difokuskan seperti sentralisasi di sana. Kalau latihan untuk PON saja hanya 52 hari atau paling hanya 3 bulan. Nah itu Nadya sepertinya kurang cocok dengan sistemnya di sana. Kalau Nadya dilatih seperti itu mungkin Nadya dinilai lebih jelek manjatnya, sementara yang lain di latih seperti itu mungkin lebih bagus,” ucapnya.

Meski dinilai menurun, namun kebanggaan sempat dirasakan saat mengikuti Kejuaraan Nasional, prestasi Nadya mampu mengungguli para atlet Pelatnas. Ditanya keinginan untuk dipanggil mengikuti Pelatnas lagi, Nadya mengaku sangat ingin berlatih di pelatnas, asalkan dapat berdua dengan suami. Namun dengan kondisi sekarang, meski tidak berlatih di pelatnas, Nadya dan Temi tetap fokus menatap gelaran Porprov Bali 2019 dan PON 2020, ditambah sejumlah event Nasional dan Internasional yang dilangsungkan tahun 2018 ini. 

  • Tentang Penulis

    Ni Putu Nirawati

    Isi Kontak Person Anda disini <strong>email, FB, Twitter</strong>, dll<br /><br />

  • Tentang Editor

    Heri Firmansyah

    Redaktur RRI-Online

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00