• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bantuan Sosial Tidak Tepat Sasaran, Dinsos Buleleng Verifikasi dan Validasi BDT

13 January
07:51 2018
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Kepala Dinas Sosial Buleleng Gede Komang berharap seluruh perbekel dan lurah agar memberikan data dan informasi yang benar tentang orang-orang miskin yang layak diberikan bantuanHal ini cukup beralasan, karena dalam kenyataannya tidak sedikit bantuan yang digulirkan pemerintah, seperti JKN, JKBM, dan KIS terintegrasi tidak tepat sasaran.

Gede Komang mengatakan jajarannya telah gencar melakukan sosialisasi sekaligus mengingatkan kepada para kepala lingkungan serta perbekel/lurah tentang arah maupun sasaran yang diharapkan dari program bantuan JKN JKBM KIS terintergrasi.

Namun kenyataannya masih banyak masyarakat miskin yang tidak tersentuh program bantuan yang dikucurkan pemerintah daerah maupun pusat melalui Kementrian Sosial RI tersebut.

"Banyak orang mampu dari segi ekonomi berebut untuk mendapatkan jatah bantuan yang seharusnya diberikan bagi masyarakat miskin. Bilamana hal tersebut tidak diantisipasi tentu akan sangat menghambat upaya Pemerintah Buleleng untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di bidang pelayanan kesehatan," tutur Gede Komang, Jumat (12/1/2018).

Padahal, lanjut Gede Komang, guna mendukung tepatnya bantuan sasaran untuk masyarakat miskin, sejak tahun 2016 lalu Dinas Sosial telah memberikan Data BDT (basis data terpadu) di masing-masig desa/kelurahan yang setiap tahun diverifikasi dan divalidasi.

Hanya saja, ungkap Gede Komang, basis data terpadu tersebut terkesan tidak digunakan secara utuh. Bahkan sebaliknya, tidak sedikit usulan dari beberapa perbekel/lurah keluar dari konteks BDT.

Menyikapi permasalahan dimaksud, di tahun 2018 ini Dinas Sosial Buleleng melaksanakan verifikasi dan validasi BDT di masing-masing desa/kelurahan dalam wilayah kerjanya.

Guna tepatnya sasaran progran bantuan yang dikucurkan pemerintah daerah maupun pusat melalui Kementrian Sosial RI untuk masyarakat miskin tahun ini, maka Kadis Sosial Buleleng Gede Komang berharap kepada RT atau kaling/klian banjar dan perbekel/lurah, supaya mengusulkan masyarakat yang betul-betul kurang mampu, bukan sebaliknya. (SN/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00