• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Tiap Tanggal 8 ASN Wajib Kenakan Pakaian Tradisional Khas Batang

8 February
14:10 2018
7 Votes (5)

KBRN, Semarang : Berdasarkan Instruksi Bupati Nomor 061/1/2018 tentang Penggunaan Pakaian Tradisional Khas Batang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Batang, maka setiap tanggal 8 mulai bulan Februari 2018, seluruh ASN diwajibkan mengenakan pakaian tradisional.

“Setiap tanggal 8 ASN wajib memakai baju tradisional (batik) khas Batang,” tutur Suci Larasati Kepala Bagian Organisasi di Setda Kabupaten Batang, Kamis (8/2/2018).

Menurutnya, andai kata tanggal 8 jatuh pada hari libur (Sabtu/Minggu/tanggal merah), maka diundur pada hari kerja berikutnya.

“Dipilihnya tanggal 8 karena sesuai dengan Hari Jadi Kabupaten Batang, yaitu 8 April 1966,” ujar Suci.

Suci mengatakan, tujuan diwajibkannya ASN memakai baju tradisional untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kita khususnya para pengrajin batik khas Batang. Selain itu juga dalam rangka menghidupkan kembali pakaian adat. 

“Instruksi ini berlaku bagi seluruh ASN dan Pegawai Non ASN, BUMD, BUMN, Lembaga Perbankan, Kepala Desa dan Perangkat Desa, karena hal ini sudah menjadi Instruksi Bupati, harus ditindaklanjuti dan tidak boleh dilanggar,” tegasnya.

Suci menambahkan, dengan adanya instruksi ini berarti UMKM kita berlomba-lomba menciptakan kreasi batik Batang, harapannya bagi ASN dengan sendirinya akan membeli di pengrajin langsung.

“Pakaian tradisional bagi wanita adalah kebaya dengan bawahan kain batik khas Batang serta bersepatu, sedangkan untuk laki-laki mengenakan atasan polos model beskap, celana panjang gelap dan kain batik khas Batang serta bersepatu,” pungkasnya. (Heri/Mc Batang/DNA/AA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00