• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Suasana Minangkabau Hipnotis Peserta HPN

8 February
15:44 2018
12 Votes (4.8)

KBRN, Padang : Suasana tradisi Minangkabau dihidupkan selama pelaksanaan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Hampir seluruh hotel di Padang menyajikan pertunjukan musik tradisional Minangkabau di masing-masing ruang tunggu hotel, yang menjadi lokasi menginap tukang kabar dari seluruh Indonesia.

Hal itu ternyata menarik perhatian wartawan peserta HPN, sehingga mereka ingin mengetahui lebih dalam tentang seni budaya Minangkabau. Muhammad Subagyo misalnya, wartawan peserta HPN yang datang dari Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, mengaku senang mendengar alunan alat musik gesek rabab dan lantunan nada khas Minangkabau yang tersaji di lobi hotel Ina Muara Padang.

“Saya baru pertama ke Padang. Baru tahu dan dengar musik tradisional khas Padang. Menarik mendengarnya,” tuturnya, Kamis (8/2/2018).

Pementasan kecil dimaksud juga menarik perhatian puluhan wartawan lain. Bahkan, mereka tak segan merogoh kocek untuk memberikan tips bagi seniman tradisional yang sedang memamerkan kesenian khas Minang dimaksud.

Di tempat terpisah, dalam pelaksanaan HPN 2018 di Padang yang mengangkat tema besar pariwisata, Panitia HPN juga menyuguhkan festival memasak Randang di arena pameran HPN di komplek GOR Haji Agus Salim Padang. Idham, salah seorang wartawan televisi yang datang dari Jakarta, sangat antusias mengabadikan momen ibu-ibu berpakaian adat Minangkabau dengan sigap mengaduk santan pedas berisi daging di atas tungku kayu.

“Saya sering makan rendang di rumah makan Padang di Jakarta. Baru kali ini, lihat langsung cara masaknya. Pantes saja enak, masaknya lama, bumbunya banyak. Tidak salah jadi makanan terenak di dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Oni Yulfian mengungkapkan, panitia sengaja menghadirkan suasana Minangkabau di setiap lokasi HPN. Tujuannya agar seni budaya di Sumatera Barat lebih diketahui, sekaligus bisa menjadi bahan tulisan bagi wartawan yang datang dari seluruh pelosok negeri.

“Selain destinasi wisata, Sumbar itu kaya seni budaya. Kita akui, seni budaya tradisi kita belum terpromosikan dengan baik ke luar. HPN ini momennya,” ungkapnya. (Ddk/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00