• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya

Berbagai Etnis Berbaur Semarakkan Bazar di Pekanbaru Dalam Rangka Tahun Baru Imlek

11 February
17:10 2018
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Bazar Imlek yang digelar oleh berbagai ormas Tionghoa dan lembaga keagamaan semarak pada hari ketiga di Jajal Karet, Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru, Minggu (11/2/2018), dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek tahun 2018.
Disela-sela geliat ekonomi bagi para pedagang asongan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bazar menjelang tahun baru Imlek 2569/2018, ribuan masyarakat dari berbagai etnis berbaur menikmati gelaran seni budaya dibawah cahaya 1.088 lampion merah.
Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau, Peng Suyoto menjelaskan, penampilan beberapa seni budaya etnik yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Etnis Riau (FORSERI) itu bertujuan untuk menumbuhkan wujud Indonesia yang pluralis.
“Dalam momen perayaan Tahun Baru Imlek sebagai budaya Tionghoa, kita berusaha meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam NKRI yang harmonis dan sejahtera”, ujar Peng Suyoto.
Tampak turut hadir dalam Bazar Imlek pada malam ketiga tersebut Rosti Uli Purba, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Riau, Ketua PKBR Hofman Sihaloho, Ketua Mitra Sunda Riau, Surachmat beserta istri, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau Fauzi Gani, budayawan sekaligus wartawan senior Riau, Fakhrunnas MA Jabbar, Ketua Panitia, Widjadi Nauli Basa (Marga Huang, ketua umum Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP) Mariyana, Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Riau, Jailani Tan dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.
Bazar Imlek yang telah berlangsung sejak Kamis (8/2/2018) akan ditutup pada Minggu ( 11/2/2018). Panita Imlek Bersama yang diwakili oleh Ket Tjing, mempersilakan masyarakat dari berbagai latar belakang untuk hadir menikmati suasana “chinatown” di Jalan Karet, yang dikenal juga dengan sebutan Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru.
“Pada hari Kamis malam tanggal 15 Februari 2018, akan digelar Detik-Detik Tahun Baru Imlek 2569/2018 dengan penyalaan kembang api acara panggung hiburan mulai jam 22.00 WIB, di Jalan Karet ini juga,” papar Ket Tjing yang dipercaya sebagai Panita bidang Humas atau media.
Tidak hanya hiburan oriental, tapi juga tarian sekapur sirih, pencak silat, pantun, syair dengan iringan biola, yang identik dengan seni budaya Melayu. Di samping itu, ada penampilan tarian khas persembahan dari Persatuan Keluarga Batak Riau. Silat dan debus dengan iringan alat musik tradisional gendang dan gamelan dari Mitra Sunda Riau (Misuri) juga turut memeriahkan kegiatan itu. (TS/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00