• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Pasangan JR Saragih-Ance Tinggal Punya Waktu 1 Hari untuk Gugat KPU

13 February
22:18 2018
0 Votes (0)

KBRN, Medan : Pasangan Jopinus Ramli (JR) Saragih-Ance Selian memiliki waktu satu hari lagi untuk menggugat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara ke Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara, terkait tidak ditetapkannya pasangan tersebut sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumut.

"Tinggal besok, sampai pukul 16.00 WIB. Kalau lewat dari itu, kami tidak bisa lagi memproses," kata Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan, Selasa (13/2/2018).

Syafrida menjelaskan, ada tiga hari waktu yang diberikan bagi bakal paslon untuk mengajukan gugatan terhitung sejak hari penetapan, yakni Senin (12/2/2018) lalu hingga Rabu (14/2/2018), atau satu hari sebelum pelaksanaan kampanye.

Menurut Syafrida, proses penanganan gugatan tersebut akan diputus dalam 12 hari kalender. Jika nantinya pasangan JR-Ance dinyatakan berhak mengikuti tahapan Pilkada, maka hal itu harua dilakukan. Meskipun konsekwensi yang harus ditanggung keduanya adalah tertinggal tahapan kampanye dari dua pasangan lain. 

Meski hingga kini Bawaslu belum ada menerima laporan dari JR-Ance, namun menurut Syafrida, sudah ada tim pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumut itu yang berkonsultasi terkait tatacara pengajuan gugatan. (Wid/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00