• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Dapil Pemilu 2019 Klaten Disepakati Tetap

13 February
21:41 2018
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Klaten melakukan uji publik Daerah Pemilihan  (Dapil) pada pemilihan Umum 2019 mendatang. Uji publik tersebut melibatkan berbagai unsur, antara lain tokoh masyarakat, pemuda dan juga dari unsur partai politik serta organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klaten.

"Dari  Akademisi memberikan masukan-masukan  dan  pencermatannya. Ini digelar untuk dimintakan pendapat dari Partai  Politik, dari OPD, tokoh  agama, tokoh  masyarakat. Biar ini  menjadi pertanggungjawaban bersama," kata Ketua KPUD Klaten, Siti Farida, kepada wartawan, Selasa (13/2/2018).

Dikatakan Siti Farida, Uji Publik tersebut merupakan rangkaian dari diskusi-diskusi yang dilakukan sebelumnya. KPU kata Siti Farida telah melaksanakan pemetakan alokasi dan pemilihan dengan  berbagai kajian dan pertimbangan. 

Seperti historisitas, kohesifitas dan integralitas wilayah yang pada akhirnya mengerucut pada jumlah daerah pemilihan  itu tetap. Yakni mulai dari Klaten 1, Klaten 2, Klaten 3, Klaten 4 dan Klaten 5.

Dijelaskan, kalau sekarang yang mengalami sedikit berubah adalah jumlah alokasi kursi.

"Kalau dalam usulan kami berdasarkan DAK terbaru KPU, jumlah kursi pada Klaten 5 itu lebih besar dibanding jumlah  penduduk Klaten 1, sehingga alokasi kursi sekarang lebih besar," lanjut  Siti Farida. 

Dengan kondisi itu, maka Klaten 1 jumlah kursi sebelumnya sebanyak 12 kursi menjadi 11 kursi, dan Klaten 5 yang sebelumnya 11 bertambah menjadi 12 kursi.

Sementara, Sutarjo -Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Kabupaten Klaten juga menyatakan tetap sepakat bahwa Dapil tidak diubah.

"Saya berpikiran Dapil tidak diubah, alasan yang utama sudah familier bagi kami, dan yang terpenting tidak ada persoalan dengan Dapil," kata Sutarjo. (AS/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00