• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi akan Laksanakan UNBK SMP Secara Mandiri

13 February
23:26 2018
0 Votes (0)

KBRN, Bukittinggi : Pada tahun ajaran 2017/2018 ini, Sekolah Menengah Pertama (SM) di Kota Bukittinggi, mulai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri, yang dijadwalkan berlangsung pada 23 hingga 26 April 2018 mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri, menurutnya, pada tahun ajaran 2016-2017 lalu masih banyak SMP yang melaksanakan UNBK menumpang ke sekolah yang fasilitas komputernya lebih mecukupi, terutam di tingkat SMA/SMK, dan untuk tahun ini mulai dilaksanakan secara mandiri di sekolah masing-masing.

“Saat ini terdapat 16 SMP Negeri dan swasta sederajat. Dari jumlah sekolah itu, SMP Negeri berjumlah delapan sekolah, dan tujuh sekolah diantaranya akan melaksanakan UNBK mandiri mulai tahun ini, dan untuk peserta telah didaftarkan ke Pusat Komputer Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat,” ulasnya, Selasa (13/2/2018).

Almisri menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan UNBK mandiri itu, sebelumnya Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyiapkan tambahan 100 unit komputer bagi sekolah-sekolah negeri, melalui dana yang diusulkan dalam perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 lalu.

UNBK dapat dilaksanakan apabila jumlah komputer minimal satu per tiga dari jumlah siswa yang akan mengikuti ujian. Namun khusus di SMP Negeri 4 belum dapat dilaksanakan UNBK secara mandiri, karena jumlah siswa banyak sementara jumlah komputer yang ada belum mencukupi sehingga masih menumpang ke sekolah dengan fasilitas komputer mencukupi,” jelasnya.

Sementara bagi sekolah swasta sambung Almisri, meski dapat melaksanakan UNBK mandiri di sekolah masing-masing, namun secara administrasi bergabung ke sekolah lainnya karena belum memiliki akreditasi. 

Seperti SMP Cahaya Hati bergabung administrasi ke SMP Negeri 5, SMP Djamil djambek Bergabung ke SMP Negeri 8, dan MTS Baiturridwan bergabung ke MTS Negeri 1, karena sekolah penyelenggara UNBK harus terdaftar secara resmi, yang dilengkapi dengan penyesuaian akreditasi sekolah,” terangnya.

Almisri meminta siswa SMP sederajat untuk mengoptimalkan pelajaran yang diterima di sekolah, sehingga persiapan menhadapi UNBK berjalan dengan baik, dan kepada orang tua diminta untuk melakukan pendampingan belajar anak-anak nya dirumah, sekaligus memberikan nasehat agar mereka dapat membagi waktu antara belajar dan istirahat. (YPA/HF)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00